Cara Sederhana Ini Dapat Memangkas Anggaran UAS Hingga 50%


Edumatik.Net – Hallo semuanya, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan terbaik. Rasanya sudah lama saya tidak mengupdate blog ini, untuk para pembaca setia edumatik saya mohon maaf yaa. Insyalloh kedepannya akan saya update lagi.

Pada sharing kalai ini saya akan menyampaikan suatu gagasan sederhana tapi cukup efektif untuk memangkas anggaran UAS hingga 50%.

Gagasan ini muncul ketika saya melihat tumpukan kertas bekas soal ulangan yang lumayan banyak, saya mulai berpikir apa kira-kira solusi untuk masalah ini. Saya yakin di sekolah bapak/ibu kertas-kertas bekas soal ulangan tersebut sebagian besar pasti di buang kan? Kalau gak dibuang biasanya di kilo kemudian di jual.

Di Indonesia ini terdapat beribu-ribu sekolah, iya kan?
Coba bayangkan jika seandainya semua sekolah melakukan hal yang sama, berapa juta lembar kertas yang harus dibuang?
Berapa ribu pohon yang harus musnah untuk hal seperti ini?

Cara sederhana yang akan saya bagikan ini selain bisa ramah lingkungan, tentunya juga hemat biaya. Bahkan bisa memangkas anggaran kertas hingga 50%.

Bagaimana caranya? Silahkan disimak baik-baik!

Inti dari metode ini adalah dengan cara mengganti soal yang tadinya dalam bentuk kertas menjadi file pdf yang dapat di download oleh semua siswa yang akan mengikuti ulangan. Sekolah hanya perlu menyediakan lembar jawaban saja, dan itupun hanya satu atau 2 lembar saja

Menurut saya metode ini lebih hemat dibandingkan dengan memperbanyak soal dalam bentuk kertas.

Baca Juga: Keterampilan Digital yang Wajib Guru Kuasai di Era Teknologi

Lantas bagaimana cara kerjanya?

Bapak/ibu membuat soal seperti biasa di microsoft word dengan format file berupa doc. Selanjutnya file soal tersebut dirubah kedalam format pdf.

Agar kerahasiahan soal tetap terjaga, file soal dalam format pdf tersebut harus diberikan password.

Setelah diberikan password, file tersebut disimpan di penyimpanan awan (google drive, dropbox, box, dan lain-lain).

Dikarenakan link download pada penyimpanan awan tersebut cukup panjang, bapak/ibu bisa meringkasnya dengan salah satu web based.

Link yang sudah ringkas inilah yang akan diberikan kepada siswa saat ulangan akan dimulai. Siswa hanya perlu mendownload soal kemudian membukanya dengan password, setelah itu siswa mengerjakan soal seperti biasa.

CATATAN PENTING: Ketika siswa sudah selesai mendownload soal, semua koneksi internet harus segera dimatikan agar siswa tidak berbuat curang dalam mengisi soal ulangannya.

Baca Juga: 3 Langkah KUNCI Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa

Cara ini sudah pernah saya gunakan dalam ulangan harian dan lebih simpel ternyata, asalkan kita mau melek digital.

Nah sekarang saya akan sharingkan bagaimana cara merubah file doc ke pdf, memberi password file pdf, menyimpan di penyimpanan awan, dan meringkas link yang panjang. Dikarenakan cukup panjang, saya sharingkan dalam bentuk vidio.

Merubah File Doc ke Pdf

Membuat Password File Pdf

Menyimpan File Pada Box

Menyederhanakan Link Panjang

Itulah cara sederhana yang bisa bapak/ibu lakukan untuk memangkas anggaran uas. Selain untuk uas cara ini bisa bapak/ibu lakukan pada ulangan harian, berikanlah suasana baru untuk siswa-siswa kita.

Sayangilah bumi kita ! ! !
Apa yang baik bagi bumi, itulah yang baik untuk kita.

Jika artikel ini bermanfaat mohon bantu untuk share yaa ! ! !
Agar banyak sekolah yang menerapkannya. Gagasan baik sekecil apapun jika dilaksanakan dengan benar maka akan membuahkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Syarat Utama Menjadi Guru Ideal

Oh ya hampir lupa, cara ini hanya bisa digunakan untuk sekolah yang sudah melek digital, dalam artian MINIMAL semua siswanya sudah punya handphone yang bisa terkoneksi ke jaringan internet dan dapat membuka file dengan format pdf. Lebih bagus lagi kalau sudah terpasang wifi dan sudah mewajibkan leptop di sekolahnya.

Oke itu saja bapak/ibu, semoga bermanfaat. Silahkan share artikel ini kesemua media sosial Anda.

Salam Semangat ! ! !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × = 3

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)