Menu

5 Syarat Utama Menjadi Guru Ideal

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Hallo semoga Anda dalam keadaan sehat hari ini. Tulisan ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu 3 LANGKAH KUNCI untuk Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa, jadi akan sangat baik jika terlebih dahulu Anda membaca artikel tersebut. Pada tulisan kali ini Saya akan memberikan informasi tentang syarat untuk menjadi guru ideal yang disukai siswa, Kita lihat bersama-sama dibawah ini.

1. Berpenampilan Baik
Guru merupakan pusat perhatian siswa, jadi sangat jelas seorang guru harus berpenampilan baik mulai dari sepatu, celana, baju, kerudung (untuk wanita), sampai dengan rambut.

Berpenampilan baik dan menarik bukan berarti harus menggunakan barang mahal, setidaknya penampilan Anda rapih mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut. Lantas kenapa Anda harus melakukannya?

Begini, yang namanya guru itu sedikit banyak pasti di tiru oleh siswanya. Jika penampilan seorang guru acak-acakan jangan salahkan siswa jika dia pun tidak berpenampilan rapih. Kebanyakan jusrtu guru menyuruh dicukur rambut kepada siswa tapi gurunnya pun rambutnya gondrong, nah itu adalah hal yang salah. Jadi mulailah dengan memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

2. Dapat Mengatur Intonasi Suara
Suara juga merupakan faktor yang sangat penting, suara guru tidak boleh terlalu keras dan juga tidak boleh terlalu pelan. Suara guru yang keras dan melengking akan mengganggu siswa sehingga tidak nyaman dalam proses belajarnya. Begitupun suara yang pelan, suara guru yang pelan juga tidak baik. Siswa tidak bisa menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Anda harus bisa mengatur intonasi suara agar pembelajaran menjadi lebih baik.

Baca juga: Keterampilan Digital yang Wajib Guru Kuasai di Era Teknologi

3. Dapat Menempatkan Ekspresi Wajah

Selanjutnya adalah ekspresi, seorang guru harus pandai bermain ekspresi. Jangan sampai masalah di rumah dibawa-bawa kesekolah apalagi dilampiaskan kepada siswa-siswa Anda. Meskipun Anda sedang dirundung kesedihan sebisa mungkin Anda harus terlihat ceria, agak sulit memang tapi jika dilatih pasti Anda bisa melakukannya. Anda harus bisa menempatkan ekspresi wajah tegas, ceria, dan marah sesuai tempatnya.

4. Selalu Siap Tempur
Peralatan tempur seorang guru tidak lepas dari alat tulis dan perangkat pembelajaraan (RPP, LKS, bahan ajar). Anda harus menyiapkan peralatan tempur sebelum Anda menyampaikan materi, jangan sampai ketika di depan kelas Anda baru berpikir apa yang mau disampaikan. Anda bisa skakmat jika seperti itu. Nah, jika Anda belum mahir membuat RPP, Anda bisa download di internet. 

5. Mengajar Secara Total
Pemberian materi kepada siswa sebaiknya jangan setengah-setengah, maksudnya bukan berarti harus satu bab diberikan semua akan tetapi maksud Saya sebaiknya Anda memberikan materi secara rinci sampai pada konsep yang mendasar dari materi yang Anda ajarkan, apalagi materi matematika. Keluarkan semua kemampuan Anda untuk mengajar, dengan seperti itu siswapun akan mengerti dengan apa yang disampaikan. Jika siswa mengerti, siswapun akan menyukai Kita. Insyaalloh.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mempelajari Matematika

Itulah syarat tambahan untuk menjadi guru ideal yang disukai siswa. Semoga bermanfaat, sampai berjumpa diartikel selanjutnya. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan kesemua media sosial Anda!

sumber: mutekara.blogspot.co.id dan telah diedit

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 3 = 27

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)