Menu

7 Alasan Mengapa Kita Harus Mempelajari Matematika

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Selama ini mungkin Kamu berpikir kenapa sih Kita harus mempelajari matematika? Apa untungnya mempelajari matematika? Kenapa harus matematika? Nah, Kali ini Saya akan share kepada Kamu mengenai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan barusan.

Berbicara tentang matematika jika Kita bahas sepertinya tidak akan pernah habis dikarenakan ilmu ini sangatlah kompleks. Kamu mungkin sependapat bahwa matematika merupakan pelajaran yang cukup sulit untuk dipelajari. Meskipun begitu, Kita tetap harus mempelajarinya sebab ilmu ini sangatlah penting. Saking pentingnya, ilmu ini diajarkan dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menegah atas bahkan perguruan tinggi, berikut akan dipaparkan tujuh alasannya.

1. Dapat Melatih Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dari tahun ke tahun oleh para guru dan dosen matematika menyimpulkan bahwa pelajaran matematika dapat membuat siswa lebih kritis, kreatif dan dapat berpikir secara logis. Ini disebabkan pada saat Kita memecahkan masalah matematik Kita dituntut untuk menemukan solusi dengan berbagai cara dan tidak boleh melanggar aturan-aturan matematika yang ada. Kegiatan seperti inilah yang membuat otak kita terlatih untuk berpikir secara logis, kritis, dan kreatif.

2. Membuat Kita Lebih Teliti, Cermat, dan Tidak Ceroboh
Berdasarkan pengalaman Saya dan orang lain, ketika Kita menyelesaikan soal matematika sebaiknya jangan terburu-buru sebab resiko salahnya cukup besar, alangkah baiknya secara perlahan.

Matematika itu ilmu yang terstuktur, jadi jika diawal pekerjaan kawan-kawan sudah salah maka kedepannyapun bisa salah. Kamu gak mau kan sudah cape-cape mengerjakan soal, eeehh ternyata jawabannya salah yang disebabkan karena keteledoran Kamu.

Nah oleh sebab itu, mempelari matematika haruslah perlahan dan berhati-hati. Dengan membiasakan seperti itu, otak Kita akan terlatih sehingga Kita dapat berpikir lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Melatih Kesabaran
Matematika memang cukup sulit untuk dipelajari tapi bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari. Mempelajari matematika tidak bisa langsung ke materi yang kita inginkan tapi harus dari materi yang paling dasar terlebih dahulu jika kita belum menguasainya, sebab matematika merupakan ilmu yang terstruktur.

Saat mempelajari matematika akan muncul liku-liku permasalahan dan kesulitan yang membuat Kamu ingin menyerah belajar matematika. Justru disitulah kesabaran kita dilatih, jika Kamu mampu melewatinya maka Kamu sudah semakin dekat dengan yang namanya matematika.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Saat Belajar Matematika

4. Menunjang Bidang Lainnya
Matematika bisa dikatakan sebagai ratunya ilmu sebab matematika hampir ada disetiap bidang ilmu lain. Dibandingkan dengan ilmu lainya matematika mungkin ilmu yang pantas mendapatkan nama “ilmu yang berdiri sendiri”. Banyak bidang lain yang membutuhkan matematika yaitu: fisika, kimia, biologi, ekonomi, tehnik, kedokteran, teknologi, astronomi, geografi, perbankan, asuransi, olahraga, dan lain-lain. Bahkan bahasapun membutuhkann matematika untuk dapat menulis secara kreatif, sebab matematika dapat membuat orang lebih kritis dan kreatif.

5. Sangat Berguna Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Kamu sudah tahu bahwa matematika sangatlah berguna dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah untuk berdagang, dengan adanya matematika proses perdanganganpun menjadi lancar dan dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Bayangkan jikalau pedagang dan pembeli tidak menguasai materi dasar matematika pasti proses perdanganpun menjadi sedikit bermasalah dimana si pedagang dan si pembeli berselisih tentang kembalian dan pembayarannya.

6. Tuntutan
Selain alasan diatas, belajar matematikapun merupakan sebuah tuntutan sehingga mempelajari matematika merupakan keharusan bagi Kita. Kita tidak bisa menolak perkembangan zaman, dengan kemajuan yang begitu cepat Kita tidak boleh terbawa arus negatif, maka dari itu dibutuhkan pemikiran yang logis, kritis, dan kreatif. Itu semua bisa diolah dengan belajar matematika.

Selain tuntutan zaman, kurikulumpun ikut andil dalam pembelajaran matematika. Jika Kamu masih sekolah, maka mau tidak mau Kamu harus bertemu dengan matematika yang menjadi kewajiban dan salah satu syarat lulus dari sekolah. Tuntutan lain misalnya ingin lulus UN dan ingin lulus tes kepegawaian, karena ingin lulus maka mereka belajar lebih rajin tentang matematika

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh dan Bosan Saat Belajar

7. Menyediakan Lapangan Kerja yang Luas dan Menjanjikan
Dari beberapa fakta yang saya temui ternyata orang yang menguasai matematika itu peluang mendapatkan pekerjaannya lebih luas dan cukup menjanjikan. Ini dikarenakan hanya sedikit orang yang ingin belajar dan menguasai matematika sedangkan kebutuhan pekerjaan yang memerlukan ahli matematika sangatlah banyak. Jadi sangat terbuka lebar peluang mendapatkan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi kawan-kawan yang menguasai matematika

Ya, itulah pemaparan tentang pentingnya mata pelajaran matematika, jadi Saya sarankan agar Kamu segera bertekad untuk belajar matematika karena ilmu ini sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Jangan lupa untuk share artikel ini yaa!!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)