Menu

7 Cara AMPUH Agar Menyukai Matematika

Gambar: pixabay.com

Edumatik.net – Kali ini saya akan sharing beberapa tips yang bisa kamu praktekan dengan sangat mudah. Jika kamu termasuk salah seorang yang tidak menyukai matematika akan tetapi kamu ingin menguasainya, kamu sekarang berada ditempat yang benar. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara yang harus dilakukan agar kita menyukai matematika.

Banyak orang yang sangat benci terhadap mata pelajaran ini, alasannyapun sangat beragam mulai dari banyak berhitung, banyak angka dan variabel, memusingkan, takut sama gurunya, dan lain-lain. Tapi mau tidak mau kamu harus beurusan dengan pelajaran ini, bagaimanapun juga kamu harus bisa menguasai matematika, sebab mata pelajaran ini termasuk salah satu yang di UN kan.

“Jangankan menguasai mas, suka juga egak. Apakah mungkin, dari benci bisa jadi cinta?” hahaha

Jawabannya mungkin saja. Jika berusaha dengan sengguh-sungguh, lambat laun kamu akan bisa menguasainya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meyukai matematika, bagaimana caranya?, simaklah pemaparan berikut:

1. Keinginan yang Kuat
Apapun yang akan kita lakukan harus dimulai dari yang namanya niat. Jika kamu ingin menyukai matematika, niatkanlah dengan sungguh-sungguh bahwa “saya harus suka dan mampu menguasai matematika”. Selain itu, kamu juga harus menanamkan sugesti kedalam pikiran kamu bahwa “matematika itu mudah, menyenangkan, dan mengasikan”. Jangan remehkan kekuatan pikiran, ingat otak itu merupakan pusat kontrol dari semua aktivitas fisik dan psikis. Dengan selalu berpikir positif, percayalah semestapun akan merestui keinginan kalian.

Baca juga: 9 Jurus Jitu Agar Cepat Menguasai Matematika

2. Bergaul dengan Orang yang Menyukai Matematika
Lingkungan ternyata membawa pengaruh yang cukup besar disini, jika kamu bergaul dengan orang-orang yang sudah menyukai matematika kamupun akan terbawa olehnya. Obrolan-obrolan mereka tidak akan jauh dari matematika, sehingga kamu akan terbiasa mendengar, melihat, dan merasakan bagaimana mereka menyukai matematika. Selain itu, kamu juga bisa bertanya mengenai materi yang belum kamu kuasai, semakin sering kamu berinteraksi dengan mereka dan matematika lambat laun kamu akan terbawa untuk menyukai matematika.

3. Belajar Sedikit Tapi Konsisten
Jika kamu belum mampu belajar matematika berjam-jam, jangan dipaksakan. Lakukanlah sedikit-sedikit tapi konsisten, kamu bisa memulainya dengan 15 menit per hari. Setelah terbiasa, kamu boleh menaikannya sesuai keinginanmu dan lakukan secara konsisten juga.

4. Memahami Lebih Penting dari pada Menghafal
Belajar matematika tidak cukup dengan cara menghafal saja, hal yang paling penting adalah memahami. Dengan memahami suatu konsep, kamu akan lebih mengerti mengenai materi yang sedang kamu pelajari. Sehingga kamu tidak akan benci lagi terhadap matematika.

Baca Juga: BERBAHAYA, Kesalahan Ini Dapat Membuat Ulangan Matematikamu Gagal

5. Cari Guru Private yang Menyenangkan
Kebencian terhadap pelajaran matematika bisa disebabkan karena tidak suka dengan gurunya, oleh sebab itu mencari guru private yang menyenangkan bisa menjadi solusinya. Akan tetapi cara ini fleksibel sebenarnya, jika kamu belum mampu menyewa guru private yang berbayar sebaiknya kamu cari yang gratisan, hehehe. Kamu bisa tanya kepada teman atau kakak kelas yang bisa menerangkan matematika. Biasanya orang-orang ini suka berkecimbung di organisasi, kamu bisa cari mereka disana. Sebaiknya kamu juga ikut gabung dengan organisasi yang di ikutinya, biar kamu tambah akrab dan tidak canggung ketika bertanya seputar matematika.

6. Berpikir Bahwa Matematika itu Penting
Agar kamu semangat dalam mempelajari matematika, kamu harus selalu berpikir bahwa matematika itu mata pelajaran yang sangat berguna dalam kehidupan, jika kamu tidak mampu menguasainya maka kamu akan tergonjang-ganjing oleh keganasan zaman. Dengan berpikir seperti itu kamu akan selalu berusaha untuk meyukai, mepelajari, dan menguasai matematika.

7. Berdo’a dengan Tulus
Hal terakhir adalah berdo’a. Ketika sudah berusaha dengan sungguh-sungguh jangan lupa untuk meminta kepada Tuhan agar keinginan yang dimaksud cepat dikabulkan. Ingat, do’a tanpa usaha disebut bohong dan usaha tanpa do’a disebut sombong.

Itulah tips agar kita menyukai matematika. Semoga bermanfaat bagi kalian, jangan lupa untuk share yaa.
Sampai disini dulu perbincangan kita, semoga kita dipertemukan kembali di artikel selanjutnya. Aamiin

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share!!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)