Menu

7 Langkah Kunci Membagi Waktu Belajar, Organisasi, dan Istirahat Secara Efektif

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Beberapa waktu lalu ada siswa saya bertanya seperti ini. Pak, Bapak waktu masih SMA pernah ikut organisasi apa saja? Bagaimana cara membagi waktunya agar prestasi belajar tidak menurun tapi organisasi tetap berjalan dengan baik?

Kemudian dengan spontan saya menjawab seperti ini, kuncinya adalah disiplin dan konsisten. Ya, dua kata ini yang selalu saya pegang dan laksanakan waktu masih duduk dibangku sekolah, mudah diucapkan akan tetapi sedikit sulit untuk dipraktekan. Maka dari itu, pada postingan kali ini saya akan sharing mengenai kiat-kiat membagi waktu agar lebih efektif, dan postingan ini khususnya ditujukan untuk kamu yang masih berstatus pelajar.

Disetiap sekolah tentu ada yang namanya intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Intrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan akademik atau mata pelajaran, sedangkan ektrakurikuler merupakan kegiatan yang berhubungan dengan minat, bakat, dan kreativitas siswa diluar bidang akademik, misalnya kegiatan OSIS, pramuka, PMR, dan sebagainya.

Nah perlu kamu ketahui bahwa kegiatan-kegiatan organisasi sangatlah penting untuk perkembangan mental dan pola pikir, di organisasi kamu bisa mengeluarkan atau mengasah kemampuan yang terpendam jauh di dalam jiwa dan ragamu. Jadi saya sarankan agar kamu minimal ikut satu organisasi di sekolah tempat kamu berada. Lebih banyak organisasi lebih bagus, dengan catatan kamu bisa membagi waktunya dengan baik.

Baca juga: 9 Jurus Jitu untuk Menguasai Matematika

Tidak sedikit siswa malah kewalahan dengan kegiatan-kegiatan organisasi yang terlalu banyak, sehingga prestasi akademiknya menurun. Kita harus bisa menyeimbagkan itu semua, lantas bagaimana caranya? Nah dibawah ini akan dipaparkan langkah-langkahnya.

Sebelum ke langkah inti, terlebih dahulu ijinkan saya untuk sharing mengenai pengalaman saya di organisasi. Semoga dengan sharing pengalaman ini, kamu dapat termotivasi untuk gabung di organisasi dan belajar lebih giat.

Saat saya masih SMA, saya tergabung kedalam tiga organisasi yaitu: OSIS sebagai ketua bidang budi pekerti luhur dan ahlak mulia, PMR sebagai ketua umum selama dua periode, dan ISPALA (Ikatan Siswa Pecinta Alam) sebagai ketua bidang DikLat. Semua organisasi tersebut saya ikuti dengan serius, dalam satu minggu saya ekskul sebanyak tiga kali. Walaupun saya sedikit lelah tapi saya enjoy mengikutinya, karena saya suka dan butuh ilmunya.

Jika bicara ilmu apa yang didapatkan dari organisasi? Jawabannya sangat banyak, dan ilmu tersebut bisa digunakan dikemudian hari.

Lantas bagaimana dengan prestasi belajar saya?
Allhamdulillaahirrobbilalaamiin, prestasi belajar saya tidak buruk. Malah sebaliknya, prestasi saya di sekolah sagatlah baik. Saya menyambet juara umum se-SMA waktu saya kelas XI, dan itu merupakan suatu prestasi yang sangat membahagiakan.

Rekan-rekan saya yang megikuti organisasi lebih dari satu, mereka cenderung lebih unggul dibandingakan rekan-rekan saya yang tidak mengikuti organisasi sama sekali. Jadi jangan takut untuk ikut organisasi yang banyak, prestasi kamu tidak akan menurun jika kamu tahu dan benar cara membagi waktunya.

Oke tanpa basa-basi lagi, inilah lagkah-langkah yang saya lakukan untuk membagi waktu agar lebih efektif.

1. Membuat Jadwal
Buatlah list mengenai jadwal ekskul, jadwal belajar, jadwal istirahat/main, dan kegiatan lainnya. Setelah itu susun secara rinci sedemikian rupa sehingga setiap harinya kegiatan kamu tersusun dengan baik. Penempatan jam belajar atau istirahat disesuaikan dengan tipe kamu, maksudnya jika kamu terbiasa belajar dengan keadaan sepi maka waktu belajar yang cocok yaitu dimalam hari atau pagi hari sebelum subuh. Untuk pembahasan bagaimana cara mengatur jadwal belajar secara rinci, insyaalloh akan dibahas di postingan selanjutnya.

2. Jangan Terlalu Ketat
Jika kamu belum terbiasa bekerja dibawah tekanan, maka buatlah jadwal yang tidak terlalu ketat tapi tidak terlalu fleksibel juga. Intinya kamu harus bisa mengukur kemampuan diri agar tidak keteteran dan termehek-mehek nantinya. Jika sudah terbiasa, kamu boleh merapatkan jadwal sesuai keinginanmu dengan catatan kamu yakin dan mampu melaksanakannya.

Baca juga: Kesalahan Ini Bisa Membuat Ulangan Matematikamu Gagal

3. Jangan Menunda
Biasanya anak organisasi itu tugasnya lebih banyak dari teman-teman yang tidak mengikuti organisasi. Selain tugas mata pelajaran, biasanya anak organisasi mempunyai tugas di bidang-bidang yang diikutinya di organisasi. Nah jika ada tugas, jangan pernah untuk menunda-nunda. Segera selesaikan tugas tersebut dengan cepat tapi tidak ceroboh juga, dengan seperti ini kamu akan lebih bisa menghargai waktu.

4. Manfaatkan Waktu Luang
Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, apakah mau dengan cara menyelesaikan tugas-tugas, diskusi, belajar, ataupun yang lainnya. Yang jelas waktu luangmu termanfaatkan dengan baik dan bijak.

5. Berani Mengatakan Tidak
Biasanya ada beberapa teman kita yang mengajak kita untuk nongkrong, main, ataupun gadang, padahal tugas kita masih menumpuk dan besoknya harus sekolah. Nah kamu jangan sungkan untuk menolak ajakan temanmu, dengan catatan menolaknya secara halus. Saya sarankan agar kamu bergaul dengan orang-orang yang rajin dan dapat membuat kamu semakin lebih baik, tapi ingat jangan sampai orang yang berteman dengan kamu merasa terganggu dengan kehadiran kamu.

6. Disiplin dan Konsisten
Nah ini yang paling kunci dari langkah-langkah diatas. Jika kamu tidak menanamkan disiplin dan konsisten pada segenap jiwa ragamu, maka jadwal yang kamu buat semuanya akan sia-sia. Semua itu hanya akan menjadi fatamorgana, kamu akan termehek-mehek menghadapi masalah yang muncul dihadapanmu. Oleh karena itu tanamkanlah sikap disiplin dan konsisten kedalam sukma disekujur tubuhmu.

Baca Juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

7. Evaluasi
Langkah terakhir adalah evaluasi, dalam setiap kegiatan tentu harus ada yang namanya evaluasi. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk mencari kelemahan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dan memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut agar kegiatan selanjutnya dapat berjalan lebih baik.

Nah begitupun dengan kegiatan ini, setiap seminggu sekali cobalah evaluasi mengenai pembagian dan pelaksanaan jadwal yang telah dibuat. Jika ada jadwal yang tidak terlaksanakan, mengapa hal itu terjadi? Kemudian carilah bagaimana solusinya?
Dengan sering melakukan evaluasi, pengaturan jadwal kamu akan semakin baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

Demikianlah sharing untuk hari ini, semoga postingan ini dapat memotivasi kamu untuk belajar lebih baik lagi dari sebelumnya. Sekali lagi jangan pernah takut untuk ikut organisasi yang banyak.

Oke, jika dirasa postingan ini bermanfaat, jangan lupa untuk share kepada orang lain. Terimakasih sudah mampir di blog Edumatik.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)