Cara Mudah Menguasai Matematika

9 Jurus Jitu untuk Cepat Menguasai Matematika

Posted on 2,934 views

Edumatik.Net – Jika kamu sedang mencari cara mudah belajar matematika maka kamu sudah berada ditempat yang benar, karena disini aku akan berbagi tips cara menguasai matematika berdasarkan pengalaman aku sendiri dan beberapa orang teman.

Banyak orang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membuat pusing setengah mati, mungkin kamu termasuk salah satunya. Ketika kita mendengar nama matematika langsung di pikiran kamu muncul kata “sulit” , “pusing” , “membingungkan” dll.

Sebenarnya itu semua tidak sepenuhnya benar lho, asalkan kita mau belajar sungguh-sungguh pasti kita dapat mempelajari matematika dengan mudah. Nah berikut ini aku akan berbagi  cara cepat memahami matematika berdasarkan pengalaman dari beberapa narasumber.

1. Mantapkan dan Kuatkan Niat

Matematika memang tidak mudah untuk dipelajari tapi bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari, “Asalkan ada kemauan pasti ada jalan” begitulah kata pepatah. Nah yang pertama dan yang paling utama kamu harus memantapkan dan menguatkan niat, yaitu niat untuk belajar matematika. Jika niat sudah mantap dan kuat baru bisa ke tahap berikutnya.

2. Cintailah Matematika
Bagaimanapun juga Kita harus membuka diri untuk matematika. Kita akan sulit untuk menerima materi-materi matematika jika kita masih benci dan menutup diri terhadap matematika. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menyukai dan mencintai matematika agar kamu mudah menyerap materi-materi yang diajarkan.

3. Kenali dan Pahami
Matematika itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita hanya perlu mengenali dan memahami materi dan apa yang diinginkan soal. Bacalah dengan seksama materi dan soal, kemudian tuliskan apa yang diketahui dan apa yang di tanyakan pada soal, setelah itu kaitkan dengan konsep yang telah Kamu pelajari kemudian selesaikan.

Jika menemui kesulitan jangan gengsi untuk menanyakan kepada teman yang lebih pintar atau kepada guru. Perlu diingat yaa, kita bertanya bukan berarti kita bodoh, jadi saran aku jangan pernah malu untuk bertanya.

Baca juga: 7 alasan kenapa kamu harus mempelajari matematika

4. Jangan Takut Salah
Ketika diminta kedepan untuk mengerjakan soal beranikanlah diri kalian, jangan takut salah untuk mengerjakan di depan. Urusan salah dan benar itu belakangan yang penting kamu sudah berani mencoba, begitupun pada saat mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Jangan nunggu teman kalian yang lebih pintar mengerjakan terlebih dulu, jika seperti itu kamu tidak akan berkembang.

Kalau ada teman kalian yang menertawakan karena jawaban kalian salah ataupun ada selentingan-selentingan anggap saja sebagai candaan. Fokuslah kepada tujuan kita yang sudah diniatkan diawal yaitu ingin menguasai pelajaran matematika.

5. Buatlah Catatan Kecil
Buatlah catatan kecil disebuah kertas tentang materi yang sedang kamu pelajari. Misalnya sebuah rumus, sifat-sifat, teorema dan lain-lain. Materinya bisa kamu dapatkan dari buku, internet bahkan catatan teman kalian sendiri. Sering-seringlah melihat catatan kecil tersebut, lambat laun kamu akan hafal dan memahaminya.

6. Pelajari Materi Dasar
Matematika itu materinya saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, jadi Kamu harus menguasa dari yang paling dasar. Sebab jika dasarnya tidak dikuasai kamu akan kesulitan dalam mempelajari materi yang lebih tinggi.

Materi matematika yang paling dasar dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu oprasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).

Jika kamu belum menguasai materi dasar ini jangan harap bisa menguasai matematika. Untuk penjumlahan dan pengurangan aku yakin kamu sudah cukup lancar atau mungkin sudah sangat hebat, tapi untuk perkalian dan pembagian biasanya masih sedikit kesulitan, yang aku temui di lapangan masih ada beberapa sekolah tingkat SMA yang masih belum hafal perkalian satu sampai sepuluh bahkan penjumlahan bilangan bulatpun masih banyak yang belum bisa.

Nah kamu sudah hafal belum perkalian satu sampai sepuluh? Jika belum, malu dong sama anak TK dan SD hehehe. Minimal kamu hafal perkalian satu sampai sepuluh lah, sebab jika lancar perkalian maka pembagianpun akan cukup lancar, yang jelas pelajari materi dari yang paling dasar baru ke materi yang lebih tinggi.

7. Buatlah Cara Belajar yang Menyenangkan
Agar kamu tidak bosan, cobalah cara belajar yang bervariasi misalnya kamu menulis di buku catatan dan kertas kecil dengan balpoin yang berwarna-warni sehinngga lebih menarik, karena sekarang teknologi sudah semakin maju kamu bisa juga melihat video pembelajaran dari internet.

Kamu juga bisa membuat rekaman suara sendiri untuk menghafal sifat bagun ruang misalnya, ataupun perkalian satu sampai sepuluh kemudian rekaman tersebut bisa diulang-ulang sehingga kamu dapat belajar dengan cara mendenggarkan saja.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Saat Belajar Matematika

8. Perbanyak Latihan
Semua materi yang telah dipelajari biasanya tidak akan bertahan lama dalam memori kita karena yang namanya manusia mempunyai sifat lupa. Nah agar tidak lupa, materi tersebut harus dilatih dengan cara mengerjakan soal-soal mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Aku saranin kamu untuk mencoba soal-soal UN dan SBMPTN.

9. Jangan Pernah Menyerah
Dalam mempelajari matematika dibutuhkan kesabaran yang sangat tinggi. Jika kamu merasa kesulitan dalam materi ataupun memecahkan soal-soal cobalah untuk berusaha terlebih dahulu dan jangan langsung menyerah, kamu harus berpikir lebih keras lagi dan bersabar. Justru disitulah ujiannya, tapi jika berhasil memecahkannya maka akan ada kebanggan tersendiri.

Nah jika kamu sudah mentok cobalah tanyakan ke teman yang lain ataupun guru matematika. Sekali lagi Saya ingatkan, orang yang selalu bertanya itu bukan berarti orang bodoh tapi justru orang yang akan berhasil dan sukses.

Itulah tips untuk mempelajari matematika agar lebih mudah dipahami berdasarkan beberapa narasumber. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Aamiin.

2 thoughts on “9 Jurus Jitu untuk Cepat Menguasai Matematika

  1. Iya memang betul kata si artikel ini tapi yang bikin kita semua pusing adalah cara memahaminya dan mencari guru yang tepat untuk selera kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *