Menu

Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah ke Jurusan Matematika

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Matematika merupakan bidang studi yang paling banyak dihindari, sebagian orang menganggap bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang paling menakutkan. Jika Kamu termasuk salah satu dari mereka, Kamu harus segera merubah mindset tersebut.

Apabila Kamu belajar dengan cara yang BENAR dan bersungguh-sungguh, maka Kamu pun dapat mempelajarinya dengan mudah. Tidak ada yang perlu ditakutkan dari matematika. Matematika itu ditemukan oleh manusia (hasil pemikiran manusia), jadi jangan pernah takut untuk mengambil jurusan matematika setelah Kamu lulus nanti.

Nah dalam tulisan ini akan dibahas beberapa alasan mengapa Kamu harus melanjutkan kuliah ke jurusan matematika, berikut alasannya:

Matematika Merupakan Dasar dari Ilmu Sains
Secara garis besar sains terbagi menjadi menjadi tiga cabag disiplin ilmu, yaitu: fisika, kimia dan biologi. Telah kita ketahui bersama bahwa fisika dan kimia dasar-dasar perhitungannya memerlukan ilmu matematika.

Dalam fisika biasanya matematika digunakan untuk melakukan perhitungan seperti jarak, kecepatan, daya, gaya, dan lain-lain. Pada kimia matematika digunakan untuk melakukan perhitungan ketika berhubungan dengan mol, kecepan reaksi dan lain-lain. Sedangkan pada cabang biologi biasanya digunakan untuk menghitung peluang terjadinya suatu sifat dominan atau resesif, peluang hidup matinya seekor hewan dan lain-lain. Selain itu, matematika juga sebagai penyumbang yang cukup besar dalam kemajuan teknologi seperti pembuatan software, hardware dan lain-lain.

Lantas apa hubungannya dengan Kamu?
Perlu Kamu ketahui bahwa sains itu merupakan ilmu yang sangat ILMIAH (masuk akal/logika, rasional, sesuai dengan kaidah). Nah jika Kamu menguasai dan mampu mengaplikasikannya kedalam kehidupan, percayalah pasti Kamu akan menjadi orang yang beguna di dunia ini.

Orang yang berguna tentunya dibutuhkan oleh banyak orang bukan?, jika Kamu berpikir materialistis, pastinya Kamu akan mendapatkan income bukan? sebab Kamu dibutuhkan oleh banyak orang. Meskipun Kamu tidak berpikir seperti itu, setidaknya Kamu akan menjadi orang yang berguna di dunia ini, minimal berguna di kehidupan sekitar Kamu. Percayalah, jika Kamu melakukannya tanpa pamrih maka Tuhan pun akan membalas kebaikan Kamu cepat atau lambat, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Oke kita kembali ke topik.
Cara menguasai sains itu dengan belajar materi dasarnya terlebih dahulu. Materi dasar dari sains yaitu MATEMATIKA. So, Kamu harus masuk jurusan matematika. Kamu boleh pilih apakah mau masuk matematika pendidikan atau matematika murni.

Tambahan sedikit, sebenarnya bukan dalam sains saja matematika dibutuhkan. Masih banyak cabang ilmu yang membutuhkan matematika diantaranya: seni, sosial, ekonomi, kedokteran, arsitektur, tehnik, astronomi, geografi, agama dan lain sebagainya. Nah kalau yang ini Kita bahas kapan-kapan aja ya. Insyaalloh.

Matematika Bisa Membuat Kamu Makin Pintar
Loh kok bisa? Bukannya matematika membuat kita pusing? Ini malah makin pintar, bagaimana carannya?

Eeeiitts santai dulu, justru disitulah letak kuncinya. Logikanya seperti ini, jika Kamu ingin mempunyai tubuh berotot pastinya kamu harus melatih otot-otot kamu agar makin besar, iya kan? Nah begitupun dengan otak kita. Menurut teori mental dicipline, otak manusia itu seperti otot. Karena otak itu seperti otot, maka apabila kita ingin menjadi pintar, cerdas, cerdik, kritis dan kreatif tentunya kita harus banyak melatih otak kita.

Salah satu pelajaran yang dapat melatih otak kita agar menjadi lebih kritis, kreatif dan makin pintar adalah matematika. Hasil studi mengatakan bahwa orang yang bergelut dengan matematika, biasanya cenderung lebih bisa mengatasi masalah, selain itu ketika mencapai usia lanjut mereka tidak cepat pikun.

Bagaimana cara matematika mencerdaskan kamu?
Begini, menurut studi salah satu cara untuk melatih otak itu dengan latihan memecahkan masalah. Nah didalam matematika banyak sekali masalah yang dapat melatih otak Kamu, mulai dari materi yang sulit sampai soal yang sulit. Ketika Kamu berusaha memecahkan masalah, contohnya menyelesaikan soal yang sulit tentunya Kamu harus mengerahkan kemampuan berpikir Kamu bukan? Nah dengan seperti itulah matematika akan mencerdaskan Kamu. Matematika akan membuat otak Kamu terlatih, sehingga otak Kamu menjadi sehat dan makin cerdas.

Sering-seringlah melatih otak, jangan biarkan otak Kamu berkarat. Ada sebuah anekdot yang menggelitik “otak orang Indonesia itu paling mahal, karena masih original (jarang digunakan)”, pastinya Kamu tidak mau kan menjadi salah satu dari otak termahal? Meskipun termahal, tapi makna dari teks tersbut sedikit menusuk, iya kan? Oleh karena itu masuklah jurusan matematika agar otak Kamu dapat dilatih secara rutin.

Membuat Kamu Makin Keren
Percaya atau tidak, Kami yang kuliah di jurusan matematika suka dibilang hebat. Secara, banyak orang yang menghindari matematika sedangkan Kami justru sebaliknya, maka orang-orang pun menganggap Kami itu hebat hahaha.

Cerita sedikit boleh yaa. ketika mudik Saya bertemu banyak saudara, tetangga, rekan, dan yang lainnya. Mereka bertanya tentang jurusan kuliah yang Saya ambil, nah ketika mereka mendengar matematika, mereka langsung terkagum-kagum. Keren kan?

Tapi jujur saja, Saya masuk jurusan matematika bukan berarti Saya hebat, tapi Saya mencoba memberanikan diri dan ingin menghadapi tantang yang lebih.

Oke itulah alasan mengapa Kamu harus melanjutkan kuliah ke jurusan matematika, semoga artikel ini dapat memotivasi kamu untuk melanjutkan kuliah. Apapun jurusan yang Kamu pilih yang terpenting Kamu melanjutkan kuliah, karena pendidikan itu sangatlah penting. Jika boleh memberikan saran, sebaiknya ke jurusan matematika aja biar Kamu makin berkualitas. Sampai disini dulu perbincangan Kita, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, tolong share yaa!

Tags: , ,

1 thought on “Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah ke Jurusan Matematika”

  1. WINMAHDI.COM says:

    Tapi banyak adik-adik yang males kuliah di jurusan matematika, karena alasan klasik, yaitu dosen killer, membosankan, dan terkesan susah. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × 1 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)