Menu

BERBAHAYA: Kesalahan Ini Bisa Membuat Ulangan Matematikamu Gagal

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Sebelum mengerjakan soal matematika penting bagi Kita untuk mengetahui terlebih dahulu kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan siswa saat menyelesaikan soal matematika, tujuanya agar Kita tidak salah kaprah dalam menjawab soal yang ditanyakan. Nah berikut kesalahan-kesalahan yang harus kita hindari:

Tidak Pernah Belajar
Kesalahan yang paling fatal sebelum menyelesaikan soal yaitu siswa tidak pernah belajar sama sekali. Matematika ilmu yang sangat kompleks, jika sebelum ulangan Kamu tidak pernah belajar sedikitpun pastilah Kamu akan sangat kesulitan dalam menyelesaikan soal, kecuali kalau Kamu sudah jenius.

Jika Kamu yang masih merasa belum cukup pintar sebaiknya belajarlah terlebih dahulu sebelum mengerjakan ulangan matematika. Belajarnya boleh satu minggu sebelum atau maksimal 3 hari sebelum ulangan. Jangan gunakan SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hal tersebut akan membuat kualitas Kamu menurun.

Kurang Percaya Diri
Matematika menjadi mata pelajaran yang sangat menyeramkan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu siswapun kurang mempunyai rasa percaya diri jika mau ulanagn matematika, mereka sudah kalah sebelum berperang dan sudah pulang sebelum padam hahaha.

Cobalah tanamkan dipikiran Kita bahwa “matematika itu mudah” agar Kita mempunyai rasa percaya diri yang kuat. Biar lebih percaya diri tentunya harus diikuti dengan belajar gigih pula. Dengan menganggap bahwa matematika itu mudah dan belajar dengan gigih pastinya Kita akan mempunyai rasa percaya diri yang mantap. Begitulah yang Saya alami selama belajar matematika.

Hanya Belajar Menghafal
Menurut pengalaman Saya, dalam matematika secara umum ada dua cara belajar yaitu dengan menghafal dan latihan soal. Kebayakan siswa hanya belajar menghafal saja, misalnya sifat-sifat dan rumus. Tidak salah memang, tapi Saya sarankan lebih baik Kamu perbanyak latihan soal. Sebab dengan mengerjakan soal, kita secara otomatis akan menghafal rumus juga.

Selain itu, jika Kamu hanya menghafal saja, Kamu akan kesulitan mengerjakan soal yang variasinya sedikit berbeda dengan contoh. Keuntungan latihan soal lainya yaitu Kamu bisa tau variasi-variasi soal sehingga akan membatu Kamu dalam mengerjakan soal.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Mahasiswi Jurusan Matematika Adalah Calon Pendamping yang Baik

Lupa Menulis Identitas Diri
Kita sudah percaya diri dan sudah belajar dengan maksimal, itu semua akan sia-sia jika Kita lupa menulis data identitas diri. Jika gurunya baik mungkin masih bisa dipertanyakan dan diralat, tapi jika gurunya tidak ada kebijaksanaan yaaaa… Kamu tinggal siap-siap saja diremedial. Hehehe

Isilah terlebih dahulu identitas Kamu, meskipun sepele tapi itu cukup menentukan untuk nilai ulangan. Meskipun nilainya 100 tapi jika di kertas jawabannya tidak ada namanya mau dimasukan kemana nilai tersebut? Maka dari itu berhati-hatilah.

Kurang Memperhatikan Petunjuk
Kita biasanya berpikir yang penting soal diselesaikan, petunjuknya paling “selesaikan soal berikut”, “berilah tanda X pada jawaban benar” dan lain-lain sehingga kita tidak membaca secara keseluruhan petunjuk yang ada, padahal hal seperti itu kurang tepat.

Ada teman saya ketika waktu ujian semester, dari 70 soal yang ada dia menjawab semua soal dan dia merasa percaya diri sekali. Setelah beres ulangan kami ngobrol-ngobrol seputar soal tadi, termasuk berapa banyak yang bisa dijawab. Dia terkejut sekali ketika Saya memberi tahu bahwa ada petunjuk harus menjawab 3 soal dari setiap kelipatan 5. Dia pun yang asalnya percaya diri berubah seketika menjadi murung, karena sudah bisa dipastika nilainya akan jatuh sebab dia tidak sesuai dengan petunjuk atau peraturan yang ada di soal. Nah maka dari itu, Kamu jangan sampai mengabaikan aturan-aturan yaa, baik dalam matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

Tidak Mempunyai Strategi
Ada sebagian dari Kita ketika mengerjakan soal itu tidak mempunyai strategi sama sekali. Dalam ulangan semesterpun biasanya ada juga sistem penilaian seperti olimpiade, jika menjawab benar bernilai ( 3 ) poin, jika salah ( -1 ) poin jika tidak menjawab ( 0 ) poin. Nah jika ada aturan seperti itu sebaiknya hati-hati. Jika tidak yakin dengan jawaban Kamu sebaiknya jangan di isi karena nilainya ( 0 ) poin sehingga tidak akan mengurangi poin.

Selain itu ketika menemukan kesulitan dan mentok biasanya terus mencari jawabanya sampai ketemu sehingga waktupun habis dengan mengeksplor satu soal saja. Mengeksplor boleh saja dilakukan tapi kita harus tau tempatnya. Kalau tugas, sangat diperbolehkan sekali tapi ini saat ulangan loh teman-teman. Saran Saya kerjakanlah soal yang paling mudah terlebih dahulu, yang sukar dan belum diisi beri tanda dulu nanti ketika yang mudah sudah selesai baru kerjakan yang sukarnya.

Menerka-nerka dan Kurang Teliti
Kesalahan yang biasa dilakukan yang terakhir adalah menerka-nerka dan kurang teliti. Karena tidak mau berpikir panjang ada sebagian siswa hanya menerka saja jawabannya dengan menghitung kancing bajunya (betul apa betul?). Jelaslah peluang untuk benarpun sangatlah kecil. Maka dari itu belajarlah yang rajin dan pantang menyerah.

Biasanya waktu ujian hanya 90 menit, dikarenakan waktunya sedikit mengerjakan soalpun menjadi terburu-buru sehingga kurang teliti. Cobalah untuk rileks dan janganlah terlalu tegang, dengan seperti itu Kamu bisa berpikir lebih jernih. Lebih baik menjawab sebagian tapi benar daripada menjawab semuanya tapi banyak yang salah karena kekeliruan Kamu sendiri.

Itulah kesalahan-kesalahan yang biasa siswa lakukan saat mengerjakan soal-soal matematika berdasarkan pengalaman yang Saya alami. Semoga bermanfaat bagi Kalian yang membaca.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke semua media sosial Kamu. Apakah setuju dengan tulisan artikel ini? silahkan tinggalkan komentar yaa!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 28 = 36

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)