Menu

TERBUKTI: Cara Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh dan Bosan Saat Belajar

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Apakah kalian pernah merasa bosan atau jenuh dalam belajar? biasanya rasa jenuh dalam belajar sering muncul, apalagi ketika sedang menghadapi soal yang tidak menemukan solusi setelah beberapa kali mencobanya. Siswa yang pandai sekalipun pasti pernah mengalaminya, lantas bagaimana cara mengatasinya? Nah dalam artikel ini Saya akan berbagi kepada rekan-rekan tentang cara mengatasi kejenuhan saat belajar khususnya dalam belajar matematika.

Cari Tempat Belajar yang Nyaman
Tempat belajar bukan hanya di bangku sekolah saja, di zaman yang sudah modern ini tempat belajar bisa dimana saja termasuk mungkin maaf “di toilet” dengan menggunakan smartphone  untuk mencari materi-materi dari internet. Akan tetapi Saya tidak menyarankan hal itu, masih ada tempat lain yang lebih layak dan bagus yang bisa Kamu gunakan untuk belajar misalnya di perpustakaan, ruang tamu, ruang belajar (kalau ada), rumah teman, di taman dan lain-lain. Pastinya sesuaikan dengan keinginan, agar saat belajar kalian merasa nyaman.

Saya sarankan untuk menghindari belajar di tempat tidur apalagi sambil tiduran karena biasanya yang ada bukan belajar tapi malah tidur karena saking terlalu nyamannya (pengalaman saya hehe). Hindari juga posisi belajar yang salah misalnya belajar sambil jongkok, sambil ngobrol, sambil nonton TV, sambil tiduran dll. Hal demikian tidak akan membuat Kamu berkonsentrasi penuh.

Belajar di Tempat yang Sunyi
Agar kita dapat berkonsentrasi full saat belajar carilah tempat yang sunyi, dimana tidak ada gangguan dari suara-suara dan kejahilan teman Kita. Cara belajar ini yang sering digunakan oleh para pelajar. Akan tetapi cara ini akan membuat cepat jenuh dan bosan, cara mengatasinya dengan mengefektifkan waktu yang ada. Belajarlah dengan waktu 15-20 menit setelah itu istirahat sejenak kemudian lanjutkan lagi, begitu seterusnya.

Belajar Sambil Mendengarkan Musik
Ada beberapa orang konsentrasinya bagus justu ketika mendengarkan bunyi-bunyian seperti mendengarkan musik. Cara ini boleh Kamu coba dulu, kalau kamu lebih nyaman sambil mendengarkan musik atau instrumen lainnya maka lanjutkanlah, dan kalau tidak nyaman Kamu boleh coba cara lainnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Harus di Hindari Saat Belajar Matematika

Belajar Sambil Ngemil
Agar belajar Kamu tidak bosan cobalah ikuti cara ini, kadang-kadang kalau lagi ada uang saya juga menggunakan cara ini. Belajar sambil makan makanan ringan atau minuman membuat Kita tidak akan jenuh dan bosan saat belajar apalagi belajar matematika, setidaknya itulah yang Saya rasakan.

Gunakan Strategi yang Sesuai
Tipe belajar setiap orang berbeda-beda ada secara visual (melihat/memperhatikan), audio (mendengarkan), dan kinestetik (bergerak/aktif). Nah kamu harus mengenali terlebih dahulu tipe yang manakah yang membuat kamu nyaman dalam belajar.

Jika kamu tipe visual saya sarankan untuk menulis hasil dari apa yang kamu perhatikan, usahakan di tulis dengan lengkap dan jelas agar kamu tidak kebingungan nantinya. Akan tetapi ada juga yang tipenya visual tapi tidak suka menulis (salah satunya saya hehe), nah jika ada yang seperti itu Saya sarankan untuk menulis inti-intinya saja.

Jika kamu tipe audio Saya sarankan untuk membuat rekaman. Jadi ceritanya kamu berbicara tentang materi yang ingin kamu kuasai sambil direkam dengan menggunakan alat perekam suara, jadi kamu dapat belajar dengan cara mendengarkan suaru Kamu yang dapat diputar berulang-ulang.

Jika kamu tipe kinestetik siapkan benda (pensil, penggaris dll) di dekat Kamu, Kamu dapat belajar sambil memainkan alat tulis dengan cara di ketok-ketok ke meja, selain itu kamu juga dapat menggunakan boneka agar bisa kamu mainkan saat belajar. Kamu juga bisa membuat jembatan keledai untuk menghafal materi, misalnya untuk menghafal satuan panjang km, hk, dam, m, ds, cm, mm dapat dibuat jembatan keledai “Kucing Hitam Dalam Mobil Desi centil Mondar-mandir”.

Baca juga: 9 Jurus Jitu untuk Menguasai Matematika

Refreshing
Tak ada salahnya jikalau Kita berjalan-jalan sejenak sekedar untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh. Carilah tempat yang sekiranya membuat Kamu merasa rileks dan dapat menghilangkan rasa bosan misalnya jalan-jalan ke taman, kebun teh, sungai, melihat pemandangan dan lain-lain. Tapi terlalu sering jalan-jalan juga tidak bagus lho, kapan mau belajarnya kalau terlalu sering main? Selain itu, terlalu sering jalan-jalan juga tidak bagus untuk dompet hehe.

Lakukan Meditasi
Ini nih yang sering saya lakukan, karena cara ini sangatlah murah bahkan gratis. Cara ini tidak perlu mengeluarkan biaya seperti refreshing, selain itu cara ini terbukti efektif dapat mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih jernih. Cara melakukan meditasi yang sering saya lakukan seperti berikut:

1. Kamu hanya perlu duduk sila (kaki kanan diatas kaki kiri) dan tangan disimpan diatas paha/lutut (jari tengah temukan dengan ibu jari), badan tegap, muka menghadap kedepan dan mata terpejam.

2. Selanjutnya tarik nafas dari dari hidung perlahan kemudian tahan sejenak lalu buang nafas lewat mulut secara perlahan.

3. Saat kamu menarik nafas imajinasikan kamu menarik energi positif, energi positifnya bebas apakah mau berbentuk warna, cahaya, embun, air, bintang, angkasa, alam dll, yang jelas tarik energi positif yang Kamu suka kedalam tubuh Kamu. Ketika menahan nafas imajinasikan energi positif tersebut menyebar keseluh tubuh Kamu. Nah ketika menghembuskan nafas melalui mulut imajinasikan Kamu mengeluarkan energi-energi negatif seperti rasa lelah, letih, jenuh, penat pokonya Kamu berimajinasi mengeluarkan seluruh energi negatif. Jangan ada pertanyan apakah betul tidak yah ada energi tersebut?. Kamu harus yakin dengan imajinasi kamu.

4. Lakukanlah meditasi tersebut 5-10 menit (lebih lama lebih bagus, tapi ingat pikiran jangan kosong ya). Jika Kamu muslim lakukan meditasi tersebut setelah solat subuh, itu lebih bagus.

Baca juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

Lupakan Sejenak Masalah Cinta
Yang terakhir yaitu melupakan sejenak masalah cinta. Sebenarnya ini boleh dilakukan boleh juga tidak tergantung diri Kamu sendiri. Jika Kamu selalu mempunyai masalah cinta lebih baik lupakan dulu sejanak agar Kamu dapat lebih fokus terhadap kewajiban Kamu sebagai pelajar atau mahasiswa yaitu belajar. 

Itulah cara belajar yang sering di gunakan para pelajar untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Oke hanya itu untuk hari ini. Sampai bertemu di artikel berikutnya. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan yaa!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)