Menu

Cara Ampuh Menghindari Bahaya Maut Multitasking

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Selamat datang kembali di blog yang sangat inspiring, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Multitaskig Akan Membuat Kamu Semakin Goblok. Silahkan baca dulu artikel tersebut agar kamu mengetahui apa bahaya yang ditimbulkan jika kamu melakukan multitasking saat belajar ataupun aktivitas lainnya, silahkan klik link di atas untuk membacanya.

Oke jika kamu sudah membaca artikel sebelumnya, kita lanjutkan pembahasan pada artikel ini. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bahaya maut multitasking, contohnya sebagai berikut:

Membuat Jadwal
Ya, dengan membuat jadwal kamu akan lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu. Buatlah jadwal kegiatan/pekerjaan yang akan kamu lakukan, jika kamu masih pelajar tentunya kamu harus membuat jadwal untuk belajar, mengerjakan tugas, ataupun jadwal lainnya.

Buatlah jadwal pada kertas ataupun smartphone kamu, jika di kertas tempelah jadwal tersebut di tempat yang strategis, jika di smartphone cobalah untuk membuat pengingat berupa alarm agar kamu tidak lupa dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Lakukan Prioritas
Dalam membuat jadwal utamakan kegiatan yang penting terlebih dahulu. Susunlah jadwal berdasarkan tingkat kepentingan dan deadline, jangan lupa untuk mencantumkan waktu kapan kamu akan mengerjakan kegiatan tersebut.

Disiplin
Kamu harus disiplin dalam melaksanakan kegiatan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Jika tidak, hal tersebut akan sia-sia saja. Buatlah aturan untuk diri sendiri, jika perlu buatlah punishment dan reward agar kamu lebih berdisiplin.

Tentukan punishment apa yang akan kamu terima jika tidak sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat, dan tentukan reward apa yang akan kamu dapat jika kamu mampu melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal. Misalnya kamu tidak boleh main selama sebulan jika kamu tidak berdisiplin, jika kamu disiplin terhadap jadwal bolehlah kali-kali untuk makan makanan enak sebagai reward.

Baca juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

Matikan Jaringan Internet
Sekarang ini smartphone telah dilengkapi banyak media sosial seperti fb, tweeter, path dan lain-lain. Jika kamu mempunyai lebih dari dua media sosial tentu itu akan sangat mengganggu sekali. Saat sedang melakukan kegiatan, kamu memerlukan konsentrasi yang tinggi. Jika jaringan internet pada smartphone kamu di hidupkan maka kamu akan sering menerima notifikasi dan akhirnya kamu kehilangan fokus, hal itu sangat berbahaya sekali seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Matikan Handphone
Jika hanya mematikan jaringan internet, kamu masih belum cukup. Biasanya masih ada seseorang ataupun teman kamu yang mengirim pesan via SMS, dan biasanya ketika ada notifikasi orang akan penasaran sehingga akan membuka pesan tersebut. Akibatnya orang itu akan terganggu, untuk antisipasi hal tersebut sebaiknya kamu menonaktifkan smartphone.

Minta Pengertian
Jika kamu sering mendapat ganguan dari teman ataupun seseorang seperti memita pendapat, bantuan, curhat ataupun yang lainnya jangan ragu untuk meminta pengertian mereka agar selama mengerjakan kegiatan tersebut mereka tidak mengganggu kamu.

Fokus
Gampang di ucapkan akan tetapi cukup sulit untuk dilakukan, meskipun begitu cobalah untuk tetap fokus pada pekerjaan atau kegiatan yang sedang kamu lakukan. Jangan memikirkan kegiatan lain apalagi memikirkan sesuatu yang tidak perlu. Agar kamu lebih konsentrasi cobalah cari tempat yang suasaanya nyaman untuk melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga: Taklukan Semua Pelajaran Dengan Cara Ini

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bahaya maut multitasking, setelah membaca artikel ini Saya harap wawasan kamu semakin bertambah. Oh ya jika artikel ini sangat bermanfaat jangan lupa untuk di share yaa. Selain itu kamu juga boleh like FB edumatik >>Disini<<

Sampai disini dulu perjumpaan kita, semoga dipertemukan lagi di artikel berikutnya.
Salam Semangat ! ! !

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × = 8

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)