Menu

Guru Tidak Akan Mampu Merubah Siapapun, Termasuk Siswanya

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Selamat datang kembali di blog yang sangat inspirig, kali ini Saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya saat memberikan materi di kelas. Mungkin Anda syok dengan judul artikel ini, tapi itulah kenyataannya.

Bukan bermaksud untuk menggurui ataupun so bijak, Saya bukanlah siapa-siapa. Jika berbicara pengalaman, mungkin kawan-kawan lebih banyak pengalamannya dibandingkan dengan Saya. Disini Saya hanya ingin sharing saja mengenai penemuan yang Saya temukan dilapangan, semoga dengan temuan-temuan ini kawan-kawan tidak akan nyesek dan stress lagi jika menghadapi siswa yang “unik”, Saya lebih suka menyebutnya unik dari pada nakal/menyimpang.

Saya Anwar dan Saya adalah seorang guru matematika. Pernah di suatu kelas, Saya menyampaikan materi yang menurut Saya sudah sangat detail sampai ke dasar-dasarnya. Saya sampai berkeringat dan lelah sendiri.
Anda tahu bagaimana respon siswa saat itu?

Ngantuk, males, tidak mengerti dengan apa yang saya sampaikan, dll.

Jika kawan-kawan berada di posisi Saya saat itu, apa yang kawan-kawan rasakan?
Jujur saja, Saya sendiri merasa kesal. Saya sudah habis-habisan menyampaikan materi, akan tetapi sebagian besar siswa tidak paham. Padahal materi yang Saya sampaikan termasuk kategori yang mudah. Akhirnya Saya jadi down sendiri.

Kawan, Alloh Maha Cinta memang… Saya merasa “tertampar” oleh satu buah ayat yang berbunyi:

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu sayangi, tetapi Alloh memberi petujuk kepada yang dikehendaki-Nya, dan Alloh lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk” (QS Al-Qashash: 56)

Baca Juga: 3 LANGKAH KUNCI untuk Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa

Mungkin bahasanya begini,
Alloh memberitahu…

“Anwar, kamu gak bakalan bisa ngasih petunjuk kepada siapapun. Sadar! Inget, SIAPAPUN! Sampaikan juga pada mereka yang membaca artikel ini, mereka TIDAK AKAN BISA merubah siapapun, memberi putunjuk kepada siapapun”.

Bahkan Alloh bilang “… orang-orang yang kamu sayangi …”

Astagfirulloh…

Pantes saja Saya merasa nyesek dan stress saat mereka tidak mengerti dengan apa yang saya sampaikan, ternyata Saya mencoba merubah orang lain dengan melawan aturan dan pakemya Alloh bahwa KITA TIDAK AKAN BISA MERUBAH SIAPAPUN BAHKAN ORANG-ORANG YANG KITA SAYANG.

Baca Juga: 5 Syarat Utama Menjadi Guru Ideal

Kawan, sampai kapanpun Kita tidak akan bisa merubah siapapun termasuk murid-murid Kita, tidak akan bisa memberi hidayah atau pengetahuan kepada siapapun bahkan hal-hal yang mudah sekalipun.

Anda yang tengah bermasalah hubungan dengan pasangan hidup pahamilah ini.. Anda TIDAK AKAN BISA merubah Dia.

Anda yang ingin merubah orang tua Anda agar rajin solat, sekali lagi TIDAK AKAN BISA.

Anda yang ingin teman atau orang yang Anda benci berubah sikapnya ke Anda. TIDAK AKAN BISA. Orang yang kita sayang aja gak bisa dirubah, apalagi orang yang kita benci.

Ingat kisah ini?

Nabi siapa yang tidak bisa merubah ayahnya?… Nabi Ibrahim AS
Nabi siapa yang tidak bisa merubah anaknya?… Nabi Nuh AS
Nabi siapa yang tidak bisa merubah istrinya?… Nabi Luth AS
Nabi siapa yang tidak bisa merubah pamannya?… Nabi Muhammad SAW

Alloh sudah mencohtohkan lengkap sekali. Itu Nabi lho, lah kita siapa kawan? Nabi baru?

Kawan, inilah yang membuat Kita nyesek dan stress ketika melihat anak didik Kita prilakunya “unik”. Karena Kita mencoba merubah orang lain.

Padahal tidak ada hal yang dapat kita rubah, satu-satunya hal yang dapat Kita rubah adalah diri Kita sendiri.

So, BERUSAHALAH. Tapi jangan berharap siswa kita berubah karena kita ingatkan. Tugas Kita hanya MENYEMPURNAKAN IKHTIAR, masalah hasilnya kita serahkan kepada Sang Pemberi Petuntuk.

Baca Juga: Keterampilan Digital yang Wajib Guru Kuasai di Era Teknologi

Itulah yang dapat Saya sharingkan, semoga kawan-kawan paham dengan apa yang Saya sampaikan. Mulai sekarang ajaklah Alloh dalam setiap aktivitas Kita, termasuk saat menyampaikan materi. Karena hanya Dialah yang dapat memberi petunjuk.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share sebanyak-banyaknya…!!

Salam Semangat ! ! !

Inspiration: PPA Institute Books

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 1 = 2

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)