Menu

5 Hal Ini Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Masuk Jurusan Matematika

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Hallo guys, selamat datang kembali di blog yang sangat inspiring ini. Kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai hal-hal yang harus Kamu pertingbangkan sebelum masuk jurusan matematika, mengapa saya membuat tulisan ini?

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya sekedar memberikan informasi saja kepada Kamu agar tidak menyesal dikemudian hari, karena banyak mahasiswa jurusan matematika yang mengeluh di tengah-tengah semester dan akhirnya mereka melambaikan tangan.

5 hal ini bukan untuk ditakuti melainkan untuk dipersiapkan supaya Kamu mantap dengan jurusan yang Kamu pilih. Berikut hal-hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum masuk jurusan matematika:

1. Mempunyai Niat yang Mantap
Hal yang paling utama adalah niat, kamu harus mempunyai niat yang mantap dari dalam lubuk hati Kamu sendiri untuk mengambil jurusan matematika. Jangan karena ikut-ikutan orang lain, karena tidak sedikit teman Saya yang masuk jurusan matematika hanya karena iseng-iseng ikutin teman. Karena diawal niatnya sudah kaya gitu, tentu ketika menemukan situasi yang sulit mereka banyak yang tidak mampu bertahan.

Perlu diingat kuliah bukan untuk iseng-isengan ya, kasihan orang tua Kita jika tidak serius untuk menuntut ilmu. Mereka banting tulang untuk mencari biaya sedangkan kamunya tidak serius, kecuali mungkin kalau orang tua mu seorang milyarder hehe.

2. Mencintai Matematika Terlebih Dahulu
Logikanya seperti ini, jika Kamu mencintai seseorang pasti Kamu rela melakukan apapunkan untuk kebahagiaan sidia. Nah matematika juga seperti itu, jika Kamu ingin masuk jurusan matematika Kamu harus mencintai matematika seperti Kamu mencintai sidia. Kalau Kamu sudah mencintai matematika pasti Kamu akan menguasai matematika dengan sangat mudah.

Loh kok bisa?

Jelas bisalah, jika Kamu sudah cinta pasti Kamu lebih memanfaatkan waktu mu untuk belajar, belajar dan terus belajar matematika. Karena Kamu rajin belajar pastilah Kamu akan bisa menguasai matematika. Kan ada pepatahnya juga “orang pintar akan kalah dengan orang rajin” iya kan? So, cintailah matematika terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Mempelajari Matematika

3. Mempunyai Kemampuan Berhitung dan Menghafal
Yap sangat jelas sekali bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang identik dengan hitung-menghitung meskipun ada juga beberapa materi yang hanya hafalan saja. Bertanyalah pada diri sendiri apakah kemampuan berhitung dan menghafal mu sudah mantap atau belum?, jika belum persiapkanlah dari sekarang jika Kamu memang berminat masuk jurusan matematika.

Hindari penggunaan kalkulator untuk perhitungan-perhitungan yang masih sederhana, gunakanlah jembatan keledai untuk mengingat materi berupa hafalan. Berdayakanlah kemampuan otak mu, itu adalah aset yang tak ternilai.

Menurut penelitian, kebanyakan otak manusia hanya digunakan 10% saja. Jadi Kamu masih bisa mengeksplorasi lagi kemampuan yang ada dalam diri Kamu. Jangan pernah merasa takut dengan matematika, karena yang menemukan matematika itu adalah manusia. Bukankah kita juga termasuk manusia? Jadi apa yang perlu ditakutkan? Noting, dengan belajar dan berlatih dengan tekun bukan hal yang tidak mungkin Kita dapat menguasai matematika.

4. Mempunyai Kreativitas Tinggi
Dalam bermatematika dibutuhkan kreativitas yang sangat bagus, kreativitas ini sangat diperlukan dalam mengotak-atik rumus. Dalam matematika sebenarnya tidak terlalu banyak rumus, rumus-rumus yang Kita ketahui sebenarnya hanya rumus-rumus turunan dari rumus dasar.

Rumus yang perlu Kamu ingat dan pahami hanyalah cukup rumus dasarnya saja, jika Kamu sudah paham maka dengan kreativitas yang mumpuni Kamu bisa menurunkan rumus dasar tersebut.

Apakah saya harus mempunyai kreativitas dulu untuk mempelajari matematika? Tentu tidak, tapi alangkah baiknya kreativitas Kamu dilatih dari sekarang agar nanti semakin mantap. Seiring dengan berjalannya waktu kreativitas Kamu akan terlatih dengan sendirinya pada saat mengerjakan soal-soal yang tidak rutin (soal-soal yang menantang).

Baca juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

5. Tekun dan Bersabar
Yang terakhir adalah tekun dan bersabar. Kamu harus melatihnya dari sekarang karena dalam situasi tertentu pasti Kamu dihadapkan pada sebuah soal ataupun materi yang membuat Kamu pusing tujuh keliling, terkadang membuat Kita ingin menyerah saja. Dengan mempunyai kebiasaan tekun/rajin dan bersabar Kamu akan bisa melewati situasi sulit tersebut.

Itulah 5 hal yang harus Kamu persiapkan jika kamu berminat masuk jurusan matematika. Semoga artikel ini dapat membuat kamu termotivasi untuk belajar. Jika dirasa bermanfaat silahkan di share  yaaa!

 

sumber: hipwee.com dan telah diedit

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × = 12

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)