Inilah Alasan Kenapa Banyak Mahasiswa Salah Ambil Jurusan Kuliah

Posted on
5/5 (1)

Edumatik.Net – Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mewujudkan cita-cita dengan harapan bisa sukses dimasa depan adalah sesuatu yang diidamkan oleh kebanyakan siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mendaftar ke berbagai perguruan tinggi dalam negeri bahkan luar negeri.

Perguruan tinggi yang mereka pilih pun berbeda-beda, ada yang ke PTN (perguruan tinggi negeri) ada juga yang ke PTS (pergurian tinggi swasta). Tapi yang jelas, baik PTN maupun PTS menerima mahasiswa tiap tahunnya dengan jumlah besar.

Berbagai cara mereka siapkan agar bisa masuk ke perguruan tinggi yang diidamkan, mulai dari belajar lebih giat, baca buku-buku strategi masuk PT, belajar tambahan di sekolah, les private, kursus online dan lain-lain.

Setelah waktunya tiba, merekapun ikut seleksi masuk PTN dan PTS. Ada yang diterima ada juga yang tidak, yang tidak diterima terpaksa mereka harus cari perguruan tinggi lain yang dapat menerimanya.

Setelah mereka masuk dan memulai kegiatan perkuliahan, disemester pertama dan kedua mereka bisa mengikuti pembelajaran dengan cukup baik. Begitu memasuki semester tiga dan seterusnya, tidak sedikit mahasiswa yang kelabakan.

Mereka merasa tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, banyak mata kuliah yang tidak menunjang kepada cita-citanya. Barulah mereka cari-cari informasi, setelah di telusuri lebih jauh ternyata mereka salah ambil jurusan kuliah.

Nah lho, bagaimana kalau itu terjadi pada Kamu? Jangan sampai deh ya.

Kalau sudah gitu gimana?
Mau lanjut kuliah, salah jurusan. Mau pindah jurusan, sudah gak bisa. Mau pindah perguruan tinggi, sayang karena sudah banyak modal yang dikeluarkan.

Akhirnya banyak mahasiswa yang galau dan terpaksa melanjutkan kuliah tidak sesuai cita-cita yang diidamkannya. Hal jeleknya adalah mereka kurang semangat dalam menjalani perkuliahan, suka telat masuk, tugas telat dikumpulin, hingga hal terburuknya adalah mereka telat untuk lulus, orang lain 4 tahun lha ini 7 tahun.

Lantas apa yang meneyebabkan mereka salah ambil jurusan kuliah?

Nah ini yang akan Kita bahas sekarang, hal yang paling mendasar adalah kurangnya informasi mengenai program studi dan jurusan dalam dunia perkuliahan.

Contoh, cita-cita ingin jadi ilmuan matematika tapi kuliahnya jurusan pendidikan matematika. Meskipun ada kata matematikanya tapi itu berbeda, kalau cita-citanya jadi ilmuan matematika sebaiknya jangan ambil pendidikan matematika tapi ambil jurusan matematika murni.

Hati-hati jangan sampai Kamu salah informasi, karena tidak sedikit jurusan kuliah yang sepertinya sama padahal tidak sama. Contoh lainnya misalkan pendidikan fisika dengan fisika murni seperti sama padahal dua jurusan itu berbeda penerapannya, dan masih banyak lagi jurusan-jurusan lainnya.

Kabar baiknya sekarang Kamu tidak perlu takut salah jurusan lagi, karena ada sebuah website yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan, nama websitenya adalah ruangmahasiswa.com

Kamu bisa cari informasi-informasi jurusan yang baik untuk cita-cita mu disana. Selain itu, ruangmahasiswa.com menyediakan konsultasi jurusan secara online untuk Kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah.

Hebatnya lagi dalam konsultasi tersebut Kamu akan dikasih tau strategi pemilihan kampus, tips menentukan peluang berdasarkan nilai UTBK, dan informasi-informasi seputar beasiswa. Siapa tau aja Kamu bisa kuliah tanpa biaya, kan itu jadi keren. Bisa kuliah tanpa merepotkan orang tua.

Baikalah kawan-kawan, itulah alasan kenapa banyak mahasiswa yang salah ambil jurusan kuliah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share agar siswa-siswa lain terbantu dan tidak salah ambil jurusan lagi. See you, bye

Beri nilai tulisan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

28 + = 32