Menu

Kebiasaan Siswa yang Akan Membuat Mereka Semakin Bodoh

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net โ€“ Kebiasaan dibawah ini jika dilakukan secara terus menerus akan membuat siswa semakin bodoh, kebiasaan sepele ini sering sekali mereka lakukan baik secara sadar maupun tidak. Nah jangan sampai kamu termasuk salah satu dari mereka yaa.

Sebelum membahasnya Saya ingin bertanya dulu, menurut kamu apa FAKTOR UTAMA yang menyebabkan seseorang menjadi bodoh? Sebutkan satu poin saja!

Silahkan jawab dulu pertanyaan diatas, jawablah dengan jawaban yang dapat di terima logika manusia. Jika sudah menjawab, baru lanjutkan lagi membacanya, Ok.

Sudah ketemu jawabannya?
Ya jawabannya adalah โ€œtidak mau / malas belajarโ€. Bagaimana mungkin seseorang bisa menjadi pintar dan cerdas jika dia tidak mau belajar, mimpi kali yaa. ๐Ÿ˜€
Ingat, ini bukan dunia sihir yang bisa mengubah seseorang dalam sekejap, dibutuhkan proses yang cukup melelahkan untuk menjadi pribadi yang pintar dan cerdas.
Setujukan dengan jawaban diatas?

Nah yang jadi persoalan adalah ada kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering siswa lakukan sehingga mereka malas bahkan lupa untuk belajar. Akhirnya sudah jelas, mereka akan termehek-mehek dalam pembelajaran, bukannya menikmati manisnya ilmu yang ada mereka akan terlindas oleh roda ilmu pengetahuan.

Oke, kebiasaan apakah itu? Simaklah dibawah ini.

Main Handphone
Berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk main hp setiap harinya?
Pasti lebih dari satu jam, iya kan?
Bukannya tidak boleh main hp, akan tetapi sebaiknya kamu harus lebih bijak menggunakannya.

Saya tanya, apa yang kamu lakukan ketika main hp?
Pasti cek notifikasi, iya kan? Setelah itu kamu membacanya. Jika sudah beres, cek notifikasi lainnya kemudian membacanya lagi, begitu seterusnya. Itu baru dari satu akun media sosial, Saya yakin kamu mempunyai lebih dari satu akun media sosial.

Jika satu akun media sosial membutuhkan waktu 20 menit untuk baca, like, share, komen, dan kepoin akun orang lain, maka berapa menit waktu yang dihabiskan jika kamu mempunyai banyak akun medsos. Masih mending baca-baca yang bermanfaat, kalau misalkan hanya komen-komen status alay sangat mubazir sekali waktu kita jika dingunakan untuk hal seperti itu.

Tapi jika kamu sedang membaca tulisan ini saya ucapkan selamat, berati kamu sudah sedikit lebih bisa menggunakan hp atau leptop kamu untuk membaca artikel-artikel bermanfaat. Karena blog ini menyajikan artikel renyah, gurih, menginspirasi dan memotivasi bagi setiap orang yang membacanya.

Nah karena kamu sudah mengetahuinya, mulai sekarang cobalah lebih bijak lagi menggunakan media sosial. Manfaatkanlah medsos kamu untuk belajar, banyak kok grup-grup di medsos yang khusus untuk belajar dan sharing, kamu bisa mencarinya di pencarian medsos yang kamu gunakan.

Baca juga: Taklukan Semua Pelajaran Dengan Cara Ini

Menumpuk Tugas
Menumpuk tugas biasanya karena mengganggap remeh tugas yang diberikan oleh guru. Tanpa sadar tugas yang perlu kamu kerjakan ternyata sudah banyak, masih untung jika waktu luang kamu cukup banyak, lah kalau misalkan tiba-tiba ada situasi diluar rencana bagaimana? Kamu pasti akan keteteran karena mengerjakan tugas yang sangat banyak tersebut, jika ada yang belum selesai dan harus dikumpulkan secepatnya pasti ujung-ujungnya nyontek ke teman yang sudah beres. Iya kan? ๐Ÿ˜€

Sudah jelas sekali kebiasaan seperti ini akan membuat kemampuan otak kamu semakin berkurang, karena otak kamu tidak terlatih untuk berpikir dan menyelesaikan masalah.

Menunda Waktu Belajar
Menunda waktu belajar sangat lumrah dilakukan siswa termasuk mungkin kamu sendiri. Menurut Saya hal ini tidaklah bagus, karena faktanya beberapa orang yang gemar menunda waktu belajar ternyata belajarnya tidak jadi. Iya kan? ๐Ÿ˜€

Agar kamu rajin belajar, cobalah tanamkan kedalam otak dan sekujur tubuhmu bahwa belajar itu seperti makan. Jika tidak belajar, kamu akan merasa lapar sehingga kamu harus belajar untuk mengobati rasa lapar tersebut.

Baca juga: Tips Jitu Mengatur Waktu Belajar

Pacaran
Faktanya sebagian besar orang yang pacaran lebih mementingkan pasangannya daripada belajar. Bagaimana tidak, kamu sedang semangat-semangatnya belajar tak lama kemudian ada pesan dari pasangan kamu. Jika tidak dibuka takutnya pesan penting, ujung-ujungnya dibuka dan telah mengganggu belajar kamu.

Setelah dibuka ternyata tidak terlalu penting kemudian ada bisikan lagi, jika dibalas akan menjadi panjang tapi jika tidak dibalas pasti akan kena marah. yaaa ujung-ujungnya dibalas. Lagi-lagi belajar kamu terganggu karena dia.

Karena kamu sedang semangat belajar, solusinya belajar sambil chatingan sama dia. yang namanya belajar sambil chatingan ada kalanya kamu telat membalas chat sidia, iya kan?
Daaaannn ternyata dia marah ๐Ÿ˜€ Hayooo ngaku, betul kan hahaha

Hingga pada akhirnya kamu harus memperbaiki hubungan kamu dengannya dan harus meninggalkan kewajiban kamu sebagai pelajar yaitu belajar.

Kejadian ini tidak akan kamu alami jika kamu masih Jomblo, hehehe viiissss akh

Jika Saya boleh menyarankan, sebaiknya kalian fokus terhadap kewajiban kalian sebagai pelajar yaitu BELAJAR.

Oke sampai disini dulu perjumpaan kita, semoga dipertemukan kembali di artikel selanjutnya. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share yaa!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × = 6

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)