Menu

Kenapa Satu Tahun Itu Dua Belas Bulan?

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Nenek moyang Kita dulu membuat kalender berdasarkan berbagai macam perhitungan. Mulai dari perhitungan astronomi, pergantian musim, peristiwa politik, hingga prediksi kiamat. Hehehe

Kembali ke judul artikel ini kenapa satu 1 tahun itu 12 bulan? Kenapa gak 20 bulan aja? Apa dasar perhitungannya?

Pendeknya kalender yang Kita gunakan sekarang itu mengadopsi sistem kalender Romawi. Awal mulanya sistem dalam kalender Romawi ini hanya memiliki 10 bulan atau 304 hari saja dalam setahun. Tapi jumlah 10 bulan ini dianggap kurang tepat karena tidak bisa singkron dengan pergantian musim yang terjadi, hingga akhirnya kaisar Romawi pada saat itu Noma Pompilius menambahkan 2 bulan baru yaitu januari dan februari.

Kalender tersebut disempurnakan lagi oleh sistem kalender Julian yang namanya diambil dari Julius Caesar kaisar romawi saat itu dengan jumlah hari dalam setahun yaitu 365,25 hari. Lalu ketika bangsa Eropa mulai mengembangkan sain dan memahami astronomi, sistem kalender Julian ini digantikan oleh sistem kalender Gregorian yang hingga saat ini Kita terus gunakan.

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Belajar Matematika?

Alasan digantinya kalender Julian karena kalender Julian menyatakan bahwa 1 tahun yaitu 365,25 hari. Dengan kata lain kelebihan 11 menit dari perputaran bumi terhadap matahari, meskipun terdegar kecil hanya 11 menit seperti menunggu kuah bakso yang tadinya panas jadi lumayan dingin tetapi kelebihan 11 menit tersebut dapat menumpuk tiap tahunnya dan menyebabkan kalender Julian harus disesuaikan setiap 128 tahun sekali.

Oleh karena itu diperkenalkanlah kalender Gregorian yang menyatakan bahwa 1 tahun adalah 365,2425 hari yang lebih akurat menggambarkan perputaran bumi terhadap matahari.

Jadi sekarang Kita tahu bahwa kalender Kita itu banyak menyimpan sejarah dan perhitungan yang panjang. Jadi mulai sekarang janganlah malu untuk mulai memajang kalender Anda karena itu sama keren dengan memajang lukisan dan poster dirumah Anda.

Itulah untuk hari ini, semoga membuka pegetahuan baru untuk kawan-kawan. Jangan lupa share artikel ini.

Sumber: Kok Bisa?

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 − = 57

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)