Menu

Keterampilan Digital yang Wajib Guru Kuasai di Era Teknologi

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Telah diketahui bersama bahwa era teknologi telah dimulai dan sekarang telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kamajuan itu telah menyentuh semua ranah termasuk kedalam ranah pendidikan. Disadari atau tidak dewasa ini pembelajaran di sekolah telah mengalami perubahan, yang asalnya pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran yang berbasis teknologi.

Oleh karena itu, guru yang menjadi peran penting dalam kegiatan belajar mengajar mau tidak mau harus melek teknologi agar dapat menyampaikan materi dengan baik dan lebih kreatif. Dalam tulisan kali ini Saya akan membedah keterampilan digital apa saja yang mesti, kudu, wajib guru kuasai hahaha.

Mampu Membuat dan Mengelola Blog atau Website
Blog bukan merupakan hal yang baru lagi saat ini, tapi sebagian dari Kita masih belum tau bagaimana memanfaatkan blog untuk kegiatan belajar mengajar. Kegunaan blog bukan hanya untuk menumpahkan curhatan Kita saja melainkan dapat digunakan untuk menulis materi pembelajaran, tugas siswa, hal-hal positif dan lain sebagainya sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dengan adanya blog, akan ada variasi dalam belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh. Misalkan seorang guru menugaskan untuk membaca matari segitiga di blognya kemudian menyuruh mengisi soal-soal latihannya, ini sedikit berbeda dengan yang biasa guru lakukan yang hanya menulis materi di papan tulis.

Dari pengamatan Saya, siswa zaman sekarang lebih senang membuka medsos lewat smartphonenya dibandingkkan membuka buku pelajaran, nah dengan adanya penugasan atau pembejaran di dunia maya diharapkan siswa terlibat dalam pembelajaran yang nyaman bagi mereka, karena sesuai dengan kebiasaannya yaitu suka menggunakan media internet.

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan blog atau web dalam pembelajaran, silahkan Anda eksplorasi sendiri. Tapi yang jelas Saya sarankan seorang guru harus mempunyai sebuah blog, Anda bisa membuatnya dengan yang gratisan seperti blogspot ataupun wordpress. Ada juga yang berbayar contohnya seperti blog saya ini Edumatik.Net yang menggunakan wordpress premium.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh dan Bosan Saat Belajar

Mengedit, Mengolah, dan Memanfaatkan Vidio Interaktif dalam Pembelajaran
Penggunaan vidio pembelajaran sangatlah penting agar siswa dapat memperoleh suasana baru dan lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, peggunaan vidio pembeajaran dapat membantu siswa memahami lebih dalam tentang materi yang diajarkan. Anda dapat menggunakan fitur-fitur vidio yang disediakan di website seperti youtube vidio editor, blubbr, teachem dan lain-lain.

Mampu Mengoprasikan Softwere Pembelajaran
Ada banyak sekali softwere-softwere pembelajaran yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran di kelas, namun sayang sekali baru sebagian guru yang memanfaatkan softwere pembelajaran ini. Padahal softwere pelajaran sangat membatu sekali bagi siswa agar dapat menguasai atau memahami materi lebih dalam khususnya materi matematika.

Berikut softwere-softwere matematika yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran di kelas, diataranya geogebra, matlab, maple, autograph, cabri, wolfram mathematica, adobe flash dan lain-lain.

Mampu Mengoprasikan MS Word, Excel, dan P.Point
Tiga microsoft ini wajib Anda kuasai karena dapat membantu Anda dalam menyiapkan perangkat pembelajaran mulai dari RPP, LKS, sampai media pembelajaran. MS P.Point dapat Anda gunakan untuk membuat slide presentasi dalam pembelajaran. MS P.Point mungkin sudah biasa bagi Anda, agar keterampilan Anda bertambah sebaiknya Anda membuat presentasi berbasis internet misalnya di fitur-fitur google slides, haikudeck, prezi, zoho dan sebagainya.

Baca juga : 6 Alasan Mengapa Mahasiswi Jurusan Matematika Adalah Calon Pendamping yang Baik

Mempunyai dan Mampu Mengoprasikan Email
Bagi sebagian orang email mungkin hal yang sudah biasa, tapi bagi beberapa guru di daerah email merupakan hal yang masih asing bahkan di daerah saya masih ada guru yang belum mampu mengoprasikan email. Saya ucapkan selamat bagi yang sudah mempunyai dan mampu mengoprasikannya. Email sangat penting sekali bagi seorang guru dan banyak sekali manfaatnya. Anda bisa menggunakannya untuk media pembelajaran misalnya siswa ditugaskan untuk mengirim tugasnya ke email Anda.

Membuat Kuis Online
Penggunaan kuis dalam pembelajaran sangatlah efektif untuk meningkatkan daya kompetisi siswa, akan tetapi kuis ini berbeda dengan kuis biasa. Kuis ini dilakukan secara online. Anda bisa menggunakan fitur testmoz, quizalize, flipquiz dan quizbean.

Itulah sederetan kemampuan digital dasar yang harus Anda kuasai. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda akan pentingnya keterampilan digital. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, Jika tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan!

 

sumber: ahzaa.net dan sudah diedit

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × = 16

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)