Menu

Lakukan 5 Cara Ini Agar Tugas-tugas Sekolahmu Cepat Selesai

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Bagi kamu yang masih menyandang status pelajar tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tugas sekolah. Setiap hari kamu harus bergelut dengan mata pelajaran yang cukup banyak, beberapa mata pelajaran bahkan hampir setiap pertemuan memberikan tugas.

Jika ada tiga belas mata pelajaran, mungkin dalam seminggu kamu mempunyai tugas sembilan mata pelajaran bahkan dalam kondisi tertentu bisa saja semua mata pelajaran memberikan tugas (pengalaman saya sih hehe).

Semua orang sudah tahu bahwa satu minggu itu hanya tujuh hari, lantas bagaimana cara kita menyelesaikan tugas-tugas yang sangat banyak tersebut agar selesai dengan cepat?

Nah kali ini saya akan mebagikan kiat-kiat untuk menangani situasi tersebut, kiat-kiat ini bukan hanya omongan semata melainkan berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadi dan rekan-rekan saya, yang terbukti cukup efektif dalam mempercepat penyelesaian tugas-tugas kita.

Asalkan kamu mempraktekannya dengan sungguh-sungguh, insyalloh kamu dapat menyelesaikannya dengan cepat. Sehingga kamu dapat bersantai tatkala orang lain masih sibuk dengan dunianya. Oke langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat List
Buatlah daftar mengenai tugas-tugasmu, tuliskan kedalam sebuah buku khusus atau handphone. Mulai dari tugas fisika, matematika, bahasa, biologi, kimia dan lain-lain. Langkah selanjutnya adalah mengurutkan, urutkanlah tugas-tugasmu dari yang paling awal akan dikumpulkan sampai yang paling akhir. Tujuannya agar kita dapat mengerjakan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Ingat ya, bukan berarti kamu harus menyepelekan tugas yang paling akhir, semuanya sama penting. cara ini dilakukan hanya untuk mempermudah kamu saja dalam memilih tugas mana yang harus didahulukan.

Baca juga: Seni Matematika yang Unik dan Dahsyat

2. Mengatur Jadwal
Langkah kedua adalah kamu harus mengatur jadwal untuk mengerjakan semua tugas-tugas yang ada. Kamu harus pandai mengatur waktu antara istirahat, belajar dan kegiatan lainnya. Cari waktu yang menurut kamu nyaman dan kamu dapat berkonsentrasi penuh, agar kamu dapat mengerjakan tugas dengan baik dan cepat.

Saya pribadi paling nyaman sekitar pukul 19:00-22:00 dan pukul 03:00-05:00, kamu bisa mengikuti cara saya atau boleh juga sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Jika bolah saran, sebaiknya kamu mengerjakan tugas sekitar pukul 03:00, karena pada saat tersebut kondisi pikiran kita masih fress sehingga dapat berkonsentrasi penuh.

Misalkan pada hari ini kamu mempunyai tugas sebanyak tiga mata pelajaran dan harus dikumpulkan besok, saran saya dimalam hari kamu harus mempunyai target mampu menyelesaikan dua tugas. Jika tidak selesai bisa dilanjutkan pagi harinya, tapi sebisa mungkin kamu harus menyelesaikannya dimalam hari agar dipagi hari kamu cukup menyelesaikan satu tugas saja. Sehingga waktu dipagi hari masih cukup banyak, kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar materi yang akan dipelajari pada hari itu.

Saya yakin kalian pasti bisa melakukannya. Ingat, tugas utama kalian sebagai pelajar hanya belajar, belajar, dan belajar. Jangan memikirkan hal yang macam-macam terlebih dahulu, fokuslah pada kewajibaan kalian sebagai pelajar.

Baca juga: Jangan Ngaku Anak Matematika Jika Tidak Melakukan Kebiasaan Ini

3. Manfaatkan Waktu Luang
Biasanya pada saat-saat tertentu ada guru yang tidak masuk kelas, sehingga ada jamkos atau jam kosong. Nah kebanyakan, jam tersebut dipakai siswa untuk main-main saja seperti bernyanyi-nyanyi, main gitar, teriak-teriak, main drum pakai meja dan lain-lain, yang semuanya itu menurut saya kurang bermanfaat.

Jika kamu termasuk kedalam salah satunya, mulai sekarang berubahlah. Manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas, kamu bisa bertanya kepada teman yang cukup pintar dikelasmu, dengan catatan tidak mengganggu kenyamanannya. Meskipun belum bisa selesai semua, setidaknya kamu mampu menyelesaikan 30% sampai 50%. Lumayankan, tugas-tugas kamu semakin berkurang sekarang.

Sambil menunggu bel pulang berbunyi, bolehlah dicicip dulu tugasnya. Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman untuk mengerjakannya bersama-sama. Semakin kamu pandai memanfaatkan waktu luang, maka semakin cepat pula tugas kamu selesai.

4. Istirahatlah yang Cukup
Perlu diingat, kita itu manusia bukan robot. Tubuh kita perlu yang namanya istirahat, jika tubuh kamu sudah tidak mampu jangan dipaksakan. Beristiratlah sejenak, kamu bisa mendengarkan musik, melihat pemandangan, melakukaan hobi kamu dan lain-lain. Setelah bugar kembali, kamu boleh melanjutkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang belum selesai.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh dan Bosan Saat Belajar

Mas-mas, kok dari tadi belajar terus. Kapan dong kita mainnya? Bosen nih.

Tenang, dalam satu semester kamu diberikan liburan yang cukup panjang oleh sekolah, semua sekolah pasti memberikan itu. Nah manfaatkan libur tersebut untuk main sepuasnya, isilah dengan hal-hal yang bersifat positif ya.

Selama kegiatan sekolah mau tidak mau kamu harus paksakan untuk menuntut ilmu. Masa ini terlalu berhargga untuk disia-siakan, manfaatkanlah sebaik mungkin karena masa ini adalah kunci untuk membuka gerbang kehidupan setelah kamu lulus SMA. Ilmu yang sekarang kamu pelajari, dapat membawa kamu untuk melanjutkan kuliah ataupun bekerja.

INGAT. Jika kamu merasa berat dengan tugas-tugas sekolah, orang tua mu lebih berat dari itu. Dia berusaha keras mencari biaya untuk menyekolahkan kamu, maka kamupun harus berusaha keras dalam menuntut ilmu. Jangan sia-siakan perjuangan mereka, sayangilah mereka dengan cara kamu belajar dengan sungguh-sungguh dan jadilah anak yang baik.

5. Berdoa Kepada Sang Pencipta
Langkah yang terakhir adalah berdoa, jangan lupakan hal ini. Kekuatan doa sungguh sangat dahsyat menurut saya. Ada istilah “Berdoa tanpa usaha adalah bohong, dan berusaha tanpa doa adalah sombong”. Sebagai umat beragama, tentunya kita mempercayai dengan adanya Tuhan, jangan lupakan hal tersebut. Mintalah kepada-Nya agar dimudahkan dalam menyelesaikan semua tugas-tugas kita.

Baca juga: Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah ke Jurusan Matematika

Baiklah, sampai disini dulu ngobrolnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membaca. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh hal-hal yang dipaparkan diatas, insyaalloh tugas kalian akan cepat selesai.

Jika artikek ini bermanfaat silahkan bagikan!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − 36 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)