Menu

Lakukan Cara Ini Agar Mudah Dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Gambar: unsplash.com

Edumatik.Net – Beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan januari 2017 Saya telah melakukan penelitian di salah satu sekolah SMP Negeri di Kota Cimahi, penelitian tersebut sebagai bahan untuk menyusun tugas akhir perkuliahan. Banyak sekali hal-hal menarik yang Saya temukan, salah satunya adalah mengenai kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika..

Apa kaitannya dengan judul artikel ini?

Begini penjelasannya, untuk memecahkan suatu masalah tentu kita harus tau dulu apa masalah yang akan dipecahkan. Setuju ya dengan pernyataan tersebut? Nah untuk menemukan cara mudah menyelesaikan soal matematika berarti kita harus tau dulu apa yang menyebabkan kita kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut. Oleh karena itu, terlebih dahulu Saya akan paparkan apa yang menyebabkan mereka kesulitan menyelesaikan soal matematika. Simak baik-baik yaa…!!

Berdasarkan penelitian yang Saya temukan ternyata banyak siswa yang tidak bisa membuat model matematika dari soal yang diberikan, beberapa siswa ada yang keliru bahkan ada yang ngawur juga jawabannya. Akibatnya sudah jelas bukan? Jawaban siswa tersebut pastilah salah. Jika digali lebih dalam lagi muncul sebuah pertanyaan, kenapa mereka tidak bisa membuat model matematika?

Dari hasil kuisioner ternyata mereka tidak memahami maksud dan isi dari soal yang diberikan, sehingga mereka merasa kebingungan saat menentukan langkah awal dari penyelesaian soal tersebut. Akibatnya mereka tidak bisa membuat model matematika dengan benar.

Oke sampai disini kamu sudah tau belum kesulitan mendasar apa yang dialami oleh mereka?
Yap, jawabannya adalah Memahami Maksud dan Isi Soal.

Untuk memahami maksud dan isi dari soal matematika ada beberapa tips yang bisa digunakan, tipsnya sangat sederhana sekali. Mungkin tips ini sudah kalian dengar, tapi kebanyakan siswa selalu mengabaikannya padahal tips ini jika dilakukan berulang-ulang pada semua soal matematika pasti akan terasa manfaatnya.

Baca Juga: Kebiasaan Siswa yang Akan Membuat Mereka Semakin Bodoh

Oke langsung saja, hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca soal tersebut secara berulang-ulang. Bacalah soal secara perlahan dan berulang-ulang sampai kamu benar-benar paham apa yang diinginkan soal tersebut.

Selanjutnya untuk membantu kamu lebih paham cobalah gunakan imajinasi. Sambil dibaca, bayangkan pula keadaan-keadaan soal tersebut, misalnya ada soal “Sebuah taman berbentuk persegi panjang dengan ukuran 4×3 m, di taman tersebut ada sebuah kolam ikan berbentuk trapesuium sama kaki”.

Nah kamu imajinasikan kata-kata dalam soal tersebut, kalau masih belum terbayang cobalah gambarkan di buku tulismu.

Setelah kamu mendapatkan gambaran dari soal yang diberikan, langkah selanjutnya adalah tuliskan apa yang diketahui dan ditayakan (kebanyakan siswa jarang melakukan ini). Lihat keterkaitan antara yang diketahui dan ditanyakan, gunakanlah rumus yang benar. Beberapa siswa keliru dalam menentukan rumus, oleh karena itu kamu harus benar-benar paham maksud dari soal.

Sering-seringlah berlatih membaca soal dan memahaminya. Jika sudah paham, tentukan rencana penyelesaiannya.

Jika kamu sudah punya rencana penyelesaiannya, tentu selanjutnya adalah proses eksekusi rencana. Lakukan perhitungan dengan benar, berdasarkan temuan Saya ada beberapa siswa salah dalam melakukan perhitungan padahal siswa tersebut termasuk siswa yang pintar di kelasnya.

Kalau dia pintar kok bisa salah ya?

Begini, dia bisa salah dikarenakan terlalu terburu-buru dalam proses perhitungannya akibatnya penulisannyapun menjadi salah. Nah oleh sebab itu, cobalah untuk santai ketika mengerjakan soal, jangan terbawa oleh orang lain yang sudah selesai. Gunakanlah waktu yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Matematika Itu Belajar Apa Saja Sih?

Biasanya kalau ada salah satu teman yang sudah selesai, siswa yang lain langsung ingin cepat-cepat selesai juga. Akibatnya jadi rusuh dan salah dalam proses perhitungan. Kamu juga gitu kaaan? hehehe

Jujur saya adalah salah satu orang yang ketika ujian selalu paling akhir, bukan saya kurang pintar tapi saya hanya ingin melakukan yang terbaik dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Tapi saya juga bukan berarti pintar, kemampuan saya rata-rata lah hehe.

Memang sih setiap orang beda-beda, ada yang tipenya cepat ada juga yang santai. Kalau saya tipe orang yang ditengah-tengah sepertinya. Hehehe.

“Cepat Boleh Saja, Asalkan Jangan Ceroboh”

Tapi fakta yang saya lihat adalah orang yang cepat biasanya suka ceroboh, termasuk teman seperjuangan saya. Dia adalah mahasiwa paling pintar dikalasnya akan tetapi beberpa kali Dia selalu melakukan kecerobohan dalam pengerjaan soal, ya otomatis dong nilainya jadi turun (semoga tidak terulang). Semoga pengalaman beliau menjadi warning untuk kita agar tidak ceroboh dalam melakukan sesuatu.

Mungkin hanya itu untuk sharing kali ini, Jika bermanfaat silahkan share di semua medsos kamu. O yah jangan lupa like facebook edumatik >>Disini<< yaaa…

Salam Semangat . . . ! ! !

Tags: , ,

1 thought on “Lakukan Cara Ini Agar Mudah Dalam Menyelesaikan Soal Matematika”

  1. lasma says:

    oh right

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 × 1 =

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)