Menu

Multitasking Akan Membuat Kamu Semakin Goblok

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Terimakasih masih setia membaca artikel di blog edumatik. Mungkin kamu syok melihat judul artikel ini yang kurang enak untuk dibaca, tapi ini adalah fakta. Mungkin kamu juga bertanya-tanya, apa sih multitasking itu?

Baiklah Saya akan jelaskan terlebih dahulu secara singkat mahluk apa multitasking itu.

Jika dipecah, multitasking berasal dari dua kata yaitu multi (banyak) dan tasking (melakukan pekerjaan), jadi secara sederhana multitasking adalah melakukan banyak pekerjaan pada waktu yang sama.
Sudah mengerti sekarang?
Mudah-mudahan mengerti yaaa!!

Banyak orang dengan bangga mengatakan “saya adalah multitasker (orang yang melakukan multitasking) yang hebat”, tapi hasil studi menunjukan dengan muram dan kelamnya orang yang melakukan multitasking.

Berbagai studi menunjukan bahwa multitasking akan membuat produktivitas kerja kita menurun 40%, dan kamu akan membutuhkan waktu 50% lebih banyak untuk menyelesaikan singletask ketika kamu sedang multitasking.

Hasil studi tersebut sangat mengejutkan sekali bukan?
Sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh sebelum melakukan multitasking. hehe

Secara tiak sadar sebenarnya kamu sering sekali melakukan multitasking, ketika sedang belajar biasanya kamu sambil menonton TV, SMS, chating, teleponan, browsing-browsing ataupun yang lainnya. Pasti pernah kan?

Nah jika sering melakukan itu, sebaiknya mulai sekarang berhentilah melakukannya karena hal tersebut akan membuat kamu semakin Bodoh. Sebuah studi di University of London menemukan bahwa orang yang melakukan multitasking mengalami penurunan IQ sebanyak 15 poin. Kamu tidak mau kan menjadi orang yang bodoh?

Baca juga : Kebiasaan Siswa yang Akan Membuat Mereka Semakin Bodoh

Yang jadi pertanyaan adalah kenapa multitasking membuat orang-orang menjadi seperti itu?

Berdasarkan studi bahwa otak manusia itu cara kerjanya secara runtut, mulai dari A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan multitasking bertolak belakang dengan cara kerja otak, oleh karena itu otak kita akan kebingungan jika melakukan sesuatu dari A kemudian meloncat ke Z, kemudian ke F, kemudian ke X.

Otak kita akan terpecah fokusnya sehingga tidak akan dapat menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Begitupun jika kamu sedang belajar, kamu akan sulit untuk memahami materi yang sedang di pelajari apalagi pelajaran sekelas matematika, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk dapat memahaminya.

Di era digital saat ini, multitasking ternyata semakin menjadi-jadi. Saya tidak tau ada berapa media sosial yang kamu punya, dan ada berapa grup yang ada di setiap medsos kamu. Kamu pasti pernah mengalaminya kan, ketika kamu sedang asyik belajar tiba-tiba ada notifikasi dari medsos ataupun dari grup yang kamu ikuti secara aktif, pasti kamu langsung membukanya kan?

Tanpa sadar kamu semakin asik dengan smartphone sehingga belajar kamu menjadi terganggu. Dan menurut hasil studi, dibutuhkan waktu kurang lebih 25 menit agar kamu bisa berkonsentrasi kembali pada pekerjaan yang sedang kamu selesaikan dalam hal ini adalah belajar.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Saat Belajar Matematika

Diatas adalah sebagian kecil dari bahaya multitasking, tentu masih banyak lagi bahaya lainnya. Yang jelas adalah multitasking membawa efek negatif bagi perkembangan kemampuan otak kita. Oleh karena itu Saya mengingatkan kepada Kamu agar jangan terjebak oleh multitasking dan teknologi. Jangan sampai teknologi yang diciptakan oleh manusia justru akan membuat manusia sendiri menjadi kacau.

Kemudian muncul pertanyaan baru, bagaimana cara mengatasi atau mencegah multitasking?

Pembahasan tersebut insyaalloh akan di kupas tuntas di artikel selanjutnya, semoga kita di pertemukan kembali di artikel berikutnya. Aamiin

Jika tulisan ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya ke semua akun media sosial kamu. Jangan lupa juga untuk like facebook edumatik yaaa!! Klik DISINI

Baca juga: BERBAHAYA – Kesalahan Ini Bisa Membuat Ulangan Matematikamu Gagal

Satu lagi pesan saya, mungkin ini pesan yang sangat lumrah akan tetapi sangat bermanfaat. Bahkan rosul pun sampai tiga kali di perintahkan untuk melakukan ini, yaitu rajinlah “membaca”.

Bacalah tulisan-tulisan bermanfaat, contohnya tulisan di blog edumatik ini hehe. Jangan baca status-status fb yang alay badai, tidak akan ada manfaatnya. Percaya deh!!

Percayalah ilmu yang kamu baca dari buku-buku atau sumber lainnya akan bermanfaat kelak. Saya juga tidak tau kapan akan digunakannya, tapi Saya percaya suatu saat ilmu yang Saya pelajari pasti akan bermanfaat.

Oke sampai disini dulu ya, semoga bermanfaat. see you!!!
Salam Semangat ! ! !

sumber: strategimanajemen.net dan telah diedit

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − = 42

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)