Perubahan Penting pada SNMPTN dan SBMPTN 2020

Posted on 20 views

Berikut adalah informasi terupdate penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2020. Apakah Kamu sudah siap menjadi mahasiswa? Sebaiknya baca dulu tulisan ini karena ada beberapa perubahan penting dalam PMB tahun 2020.

Seperti biasanya, jalur seleksi PMB tahun 2020 akan dibuka tiga jalur, yaitu: jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri. Hal ini resmi diluncurkan oleh Kemendikbud pada hari Jum’at, 15 November 2019 di gedung D Kemendikbud, Jakarta.

Adapun prosentase kuota untuk masing-masing adalah sebagai berikut:

  • SNMPTN: kuota minimum 20%
  • SBMPTN: kuota minimum 40%
  • Mandiri: kuota maksimum 30%

Terdapat tiga perubahan baru yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam PMB tahun 2020, diantaranya sebagai berikut:

1. Pemeringkatan Oleh Pihak Sekolah
Pada tahun ini pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan oleh sekolah.

Ketua LTMPT yaitu Prof. Ravik Karsidi mengatakan bahwa “Sekolah lebih memahami dan mengetahui kondisi dan kemampuan siswa-siswa mereka. Orang tua, sekolah, dan masyarakat nantinya dapat memantau hal ini (pemeringkatan) jika dikhawatirkan terjadi manipulasi”.

Jika sekarang sekolah Kamu memiliki akreditasi A, maka peluang Kamu masuk PTN semakin terbuka lebar. Sebab banyaknya siswa yang masuk pemeringkatan mengikuti ketentuan akreditasi sekolah, untuk sekolah yang akreditasinya A kuotanya 40%, akreditasinya B kuotanya 25%, dan yang akreditasinya C kuotanya sebanyak 5%.

2. UTBK Hanya Satu Kali
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 hanya dilaksanakan sekali saja, ini berbeda dengan tahun 2019 yang UTBK nya dilaksanakan dua kali.

Baca Juga: Jadwal Lengkap SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020

Menurut wakil ketua LTMPT yaitu Prof. Mohammad Nasih “Dari hasil evaluasi, kami melihat hasil antara ujian pertama dan kedua tidak terlalu signifikan. Malah ada yang nilainya turun pada kesempatan kedua”.

Waktu pelaksanaan UTBK 2020 akan berlangsung selama satu minggu dengan 14 sesi (setiap hari dua sesi) dan dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN.

Peserta UTBK 2020 hanya boleh mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya (Saintek, Soshum, atau Campuran). Hasil UTBK tahun 2020 ini juga dapat digunakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri tahun 2020.

3. Harus Memiliki Akun LTMPT
Selanjutnya hal-hal yang harus diketahui oleh Kamu yang mau masuk lewat jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tahun 2020 yaitu diterapkannya Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

Kamu harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu, Kamu bisa registrasi melalui halaman berikut:
https://portal.ltmpt.ac.id

Waktu registrasi untuk PDSS dan SNMPTN dilaksanakan tanggal 2 Desember 2019 s/d 7 Januari 2020, sedangkan waktu untuk registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 7 Februari s/d 5 April 2020.

Itulah informasi perubahan penerimaan mahasiswa baru tahun 2020. Semoga Kamu bisa masuk ke perguruan tinggi yang Kamu inginkan, jika artikel ini bermanfaat silahkan share sebanyak-banyaknya.

Sumber: KOMPAS

Tinggalkan Komentar

Please Login to comment
avatar
  Beri tahu saya!  
Notifikasi