Menu

Software Matematika yang Wajib Guru Kuasai di Abad 21

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Hallo rekan-rekan guru selamat datang kembali di blog matematika yang sangat inspiring. Abad 21 adalah abad dimana teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik hardware maupun software.

Sebagai seorang guru ataupun calon guru tentunya Kita harus mampu mengimbangi dan memanfaatkan kemajuan ini dengan sangat baik agar kompetensi Kita semakin meningkat, sehingga Kita mampu menjadi guru yang profesional.

Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu dengan memasukan sentuhan tenkologi pada kegiatan pembelajaran di kelas. Dikarenakan blog ini topiknya matematika, tentunya pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran matematika.

Banyak sekali software matematika yang bisa Anda gunakan dalam pemelajaran dikelas, akan tetapi dalam artikel ini Saya akan menginformasikan beberapa software matematika yang dianggap paling penting saja. Jika Anda menguasainya, maka software-software ini akan memudahkan Anda dalam setiap pembelajaran. Selain itu, dengan menggunakan software yang tepat maka materipun akan tersampaikan dengan baik sehingga siswa dapat memahaminya secara bermakna.

Perlu Anda ketahui, telah banyak hasil penelitian yang mengemukakan bahwa pemanfaatan software matematika dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Oleh karena itu, agar anak didik Anda semakin cerdas dan agar kompetensi Anda semakin meningkat maka Anda wajib menguasai software-sofware berikut:

Cabri II Plus
Cabri II Plus adalah sebuah software matematika yang termasuk kedalam jenis Dynamic Geometric Software (DGS). Cabri II Plus dirancang untuk membantu pengguna dalam mengkonstruksi dan mengeksplorasi bangun geometri dengan teliti dan tepat. Bangun geometri yang di konstruksi dengan Cabri II Plus dapat dimanipulasi dan digerakan sehingga mempermudah pengguna melakukan eksplorasi.

Baca juga: 5 Syarat Utama Menjadi Guru Ideal

Menu-munu tombol Cabri II Plus terlihat sederhana, sehingga akan memudahkan Anda dalam mempelajarinya. Meskipun demikian, untuk mengkonstruksi sebuah bangun geometri Anda harus menggunakan kemampuan berpikir yang mendalam untuk memaknai setiap langkah konstruksi dengan konsep-konsep geometri. Sehingga kombinasi konsep geometri dengan pemvisualisasian suatu bangun oleh Cabri II Plus akan menambah wawasan Anda dan terciptanya sebuah pemahaman yang mendalam terhadap geometri. Hal ini bisa Anda terapkan kepada anak didik Anda, sehingga mereka menjadi pintar dan cerdas.

Wolfram Mathematica
Wolfram Mathematica atau yang sering disebut dengan Mathematica merupakan suatu sistem aljabar komputer yang mengintegrasikan kemampuan komputasi (simbolik, numerik), visualisasi (grafik), bahasa pemprograman, dan pengolahan kata (word processing) kedalam suatu lingkungan yang sudah di gunakan. Dengan Mathematica kita akan merasakan sebuah revolusi pada peran dan praktik matematika.

Baca juga: Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah Ke Jurusan Matematika

Mathematica memiliki fasilitas fungsi matematika terpasang (built-in mathematics function) lebih dari 750 buah yang menjadikan sintak programnya dapat dinyatakan dalam satu atau beberapa baris sederhana saja. Kesederhanaan bahasa program inilah yang menjadikan Mathematica dapat digunakan siapapun tanpa harus terlebih dahulu menguasai suatu bahasa pemprograman tertentu.

Geogebra
Geogebra hampir mirip dengan Cabri II Plus akan tetapi lebih kompleks, Geogebra merupakan salah satu software matematika dinamis yang memuat kajian geometri, aljabar, dan kalkulus. Geogebra dapat digunakan sebagai alat bantu belajar dan mengajar matematika, sebagai alat presentasi, serta sebagai alat memvisualisasi bentuk geometri dan lain-lain. Pada pembelajaran geometri bidang dapat digunakan sebagai media yang dapat menyampaikan konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit.

Maple
Maple dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan lebih cepat dan efisien karena di dalamnya sudah terdapat fitur-fitur yang dapat mempermudah cara menggunakannya. Maple juga dapat memvisualisaikan ekspresi aljabar dan geometri. Kekurangannya yaitu tidak dapat melakukan perhitungan yang terus menerus seperti dalam mengerjakan metode biseksi, metode regula false.

Matlab
MATLAB (Matrix Laboratory) adalah sebuah program untuk analisis dan komputasi numerik dan merupakan suatu bahasa pemrograman matematika lanjutan yang dibentuk dengan dasar pemikiran menggunakan sifat dan bentuk matriks. Matlab digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika elemen, matriks, optimasi, aproksimasi dll.

Matlab banyak digunakan pada matematika dan komputansi, pengembangan dan algoritma, pemrograman modeling, simulasi, pembuatan prototipe, analisa data, eksplorasi dan visualisasi, analisis numerik dan statistik, dan pengembangan aplikasi teknik

Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama Action Script. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Oleh karena itu flash sangat bagus untuk membantu menyampaikan materi matematika secara interaktif, terutama pada anak SD yang cenderung menyukai gambar.

Microsoft Mathematics
Microsoft Mathematics dapat membantu Anda dalam belajar memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Microsoft Mathematics adalah perangkat lunak sejenis kalkulator namun memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki kemampuan untuk menjabarkan secara detail langkah demi langkah penyelesaian suatu persoalan dalam disiplin ilmu pasti, tidak hanya matematika namun untuk ilmu fisika dan kimia. Namun penjabaran yang sangat detail hanya ditemui pada persoalan matematika.

Baca juga: 3 Langkah Kunci untuk Menjadi Guru Matematika Idaman Siswa

Itulah informasi yang Saya bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Mari bersama-sama menjadi guru yang profesional dan mempunyai kompetensi yang tinggi.

Mari Kita cerdaskan anak negeri agar menjadi generasi penerus yang mampu berpikir kritis dan kreatif, sehingga mereka menjadi insan yang mampu membangun negeri dengan baik.

Sumber: Anwar, S. (2016). Software-software pada Pembelajaran matematika. Sebuah Makalah pada S1 Prodi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi: tidak diterbitkan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × = 27

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)