Menu

Taklukan Semua Pelajaran Dengan Cara Ini

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net –  Baiklah, kali ini Saya akan share sedikit pengetahuan yang didapatkan dari beberapa sumber yang Saya baca. Perlu diketahui bahwa, ternyata masih banyak siswa yang merasa kesulitan saat mempelajari materi pelajaran di sekolahnya khususnya pelajaran yang menggunakan hitung-hitungan, mungkin kamu juga termasuk di dalamnya 😀 Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah cara atau teknik belajar yang tidak sesuai dengan karakter individu tersebut.

Nah sekarang saya ingin tanya, apakah kamu sudah menemukan teknik belajar yang nyaman?

Jika sudah Saya ucapkan selamat, berarti yang perlu kamu lakukan adalah mengoptimalkannya. Tapi jika kamu belum menemukannya, kamu sangat tepat membaca tulisan ini.

Baca juga: Tips Jitu Mengatur Waktu Belajar

Teknik belajar yang tepat sangat berpengaruh sekali terhadap hasil yang akan didapatkan, apapun tekniknya jika tidak sesuai dengan karakter kamu maka tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Oleh karena itu agar kamu dapat menaklukan semua pelajaran di sekolah, hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali diri kamu sendiri.

Sedikit sulit memang jika harus mengenali diri sendiri, berbeda halnya jika kita menilai atau mengkritik orang lain. Lantas bagaimana cara mengenali diri sendiri agar bisa menemukan teknik belajar yang tepat?

Untuk menjawab itu, Saya akan coba bantu dengan pertanyaan saja. Silahkan siapkan balpoin dan kertas kemudian tulis jawaban-jawaban dari pertanyaan berikut:

>Suasana seperti apa yang menbuatmu fokus saat belajar: kesunyian, alunan musik, atau sesuatu yang lain? Silahkan tuliskan!
>Mana yang lebih kamu suka: membaca, menulis, atau berbicara?
>Lebih suka belajar sendiri atau belajar berkelompok?
>Ketika menghafal, aktivitas mana yang membuatmu lebih cepat menguasai materi: melihat, mendengarkan, atau bejalan/bergerak?
>Pendamping apa yang membuatmu nyaman saat belajar: minuman, makanan ringan, atau yang lainnya?

Selanjutnya silahkan buat sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti diatas kemudian jawablah sesuai dengan keadaan diri kamu, tujuannya untuk mengetahui apa saja yang membuatmu nyaman dan fokus saat belajar.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Agar Menyukai Matematika

Sesutu yang membuatmu nyaman dan fokus saat belajar maka lakukanlah, berarti itulah karakter kamu dalam belajar. Dengan catatan, sesuatu tersebut masih bersifat positif yaa.

Setelah kamu mengenal karakter cara belajar, hal yang paling fundamental adalah praktek. Perlu diingat bahwa tidak ada cara instan untuk menaklukan semua pelajaran, yang ada adalah cara benar. Segala sesuatu harus ada usaha keras, usaha tersebut akan optimal jika didukung dengan teknik belajar yang tepat.

Sekarang tugas kamu adalah mempraktekannya, silahkan pelajari pelajaran-pelajaran yang akan kamu taklukan dengan cara atau teknik belajar yang sesuai dengan tipe kamu. Pelajaran apapun itu jika kamu mempunyai semangat belajar yang tinggi dan dipelajari dengan enjoy maka kamu akan cepat menguasainya.

Ingat yaa, kunci utamanya adalah praktek. Saya pernah baca sebuah kutipan dari Albert Einstein bahwa “Keberhasilan ditentukan oleh 99% perbuatan dan 1% pemikiran”. So, silahkan praktekan teori atau pendapat yang telah dipaparkan diatas.

Usahamu tidak akan membohongi hasil yang akan kamu peroleh. Kalaupun tidak sesuai berarti masih ada yang salah dengan diri kamu dan jangan menyalahkan orang lain, atau Alloh belum mengizinkanmu. Maka dari itu jangan lupa juga untuk memohon kepadanya agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menuntut ilmu.

Baca juga: 7 Langkah Kunci Membagi Waktu Belajar, Organisasi, dan Istirahat Secara Efektif.

Oke sampai disni dulu sharing hari ini, semoga kita dapat dipertemukan kembali di artikel berikutnya. Oya jika kamu merasa kesulitan saat belajar menghafal, Saya punya metode yang sangat bagus, metodenya saya tuangkan dalam bentuk ebook. Dibawah postingan ini ada banner yang isinya 5 metode rahasia menghafal cepat. Silahkan klik banner tersebut, kemudian kamu akan dibawa ke halaman download. Ikuti petunjuk untuk mendownload ebooknya. GRATIS.

Baiklah sampai disini dulu yaa, semoga artikel dan ebooknya bermanfaat.
Jangan lupa untuk share yaaa!!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 26 = 35

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)