Menu

Tips Jitu Mengatur Waktu Belajar

Gambar: pixabay.com

Edumatik.Net – Terimakasih sudah berkunjung kembali ke blog yang sangat inspiring, pada postingan kali ini Saya akan berbagi sedikit tips agar kamu dapat belajar lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jika kamu ingin ada perubahan dalam prestasi belajar, hal mendasar yang harus diperbaiki adalah waktu belajar, karena tidak sedikit orang lalai terhadap waktu yang dimilikinya. Padahal waktu adalah susuatu yang tidak dapat diulangi, maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur waktu agar kegiatan-kegiatan yang kita lakukan tidaklah sia-sia, termasuk harus pandai mengatur waktu belajar.

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul 7 Langkah Kunci Membagi Waktu Belajar, Organisasi, dan Istirahat Secara Efektif. Jika kamu belum membacanya, Saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu karena saling bekaitan.

Oke tanpa basa-basi lagi, bagaimana sih cara mengatur waktu belajar yang efektif? Simaklah pembahasan berikut:

Membuat List Pelajaran
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menulisakan pelajaran-pelajaran yang sedang kamu pelajari di sekolah dalam sebuah buku, kertas, ataupun handphone. Tujuannya untuk mempermudah kamu ketika membuat jadwal waktu belajar.

Tetapkan Waktu Belajar
Sebelum menetapkan waktu belajar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, yang pertama adalah kenyamaan saat belajar. Jika kamu tipe orang yang nyaman belajar dengan suasan yang hening, maka waktu yang cocok adalah pukul 19:30-21:30 dan 03:00-04:30. Jika kamu tidak bisa belajar malam hari, kamu dapat belajar disiang hari dengan catatan kamu mempunyai tempat yang hening sehingga kamu nyamaan saat belajar.

Bagi kamu yang belajarnya nyaman dengan suasana yang berisik, sebenarnya kamu boleh belajar diwaktu kapanpun. Jika suasana hening, kamu dapat menyalakan musik, televisi ataupun yang lainnya yang dapat membuat susana menjadi ramai, dengan catatan tidak mengganggu orang lain yaa.

Hal kedua, jika kamu anak organisasi kamu harus menyingkronnya dengan jadwal organisasi yang kamu ikuti, agar jadwal belajar dan organisasi tidak bentrok. Jadwal belajar setiap minggunya boleh berubah-rubah tergantung situasi dan kondisi, yang jelas dalam waktu seminggu semua pelajaran yang ada disekolahmu harus ada jadwalnya untuk dipelajari.

Hal ketiga, pelajaran-pelajaran yang kamu anggap sukar harus dipelajari lebih dulu dengan durasi waktu lebih lama dari pelajaran yang dianggap mudah. Hal keempat adalah dalam membuat jadwal waktu belajar kamu harus menggunakan batasan waktu. Misalnya pelajaran matematika 60 menit yaitu dari 03:00-04:00, bahasa indonesia 04:00-04:30, dan sebagainya. Tujuannya agar kamu dapat fokus mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.

Baca Juga: Alasan Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah Ke Jurusan matematika

Nah setelah kamu memperhatikan hal-hal diatas barulah kamu membuat jadwal waktu belajar. Pilihlah waktu yang cocok dan nyaman, jangan lupa juga untuk menyisipkan waktu refresing beberapa menit. Ingat refresing bukan berarti harus main ketempat wisata ya, akan tetapi suatu hal yang dapat membuat otak kamu kembali normal setelah lelah dengan belajar. Refresingnya dapat berupa nonton film yang kamu sukai, bermain dengan peliharaanmu, ataupun hal-hal kecil lainnya.

Bagi kamu yang muslim, jangan lupa untuk menyisipkan waktu solat yaa. Selain merupakan kewajiban, dengan solat otak kita akan kembali segar. Setiap gerakan-gerakan dalam solat akan membantu kinerja tubuh dan otak semakin lebih baik, terutama saat bersujud akan membuat darah turun ke otak dengan membawa oksigen yang akan membuat otak kita menjadi lebih fress.

Konsep 5 5
Apabila ingin lebih baik dari teman-teman kamu, berarti dalam belajarpun kamu harus lebih. Jika dalam sehari teman kamu belajar hanya satu jam, maka kamu harus lebih dari itu, minimal 5 menit lebih awal dan 5 menit lebih akhir. Jadi dalam sehari minimal kamu belajar selama satujam sepuluh menit syukur-syukur bisa lebih.

Oh ya hampir lupa, ini sangat penting. Jika kamu ada tugas maka sebelum belajar usahan kamu selesaikan tugas terlebih dahulu, jika di nanti-nanti biasannya suka lupa, jika lupa kamu akan termehek-mehek nantinya. So, janganlah menunda-nunda tugas yaa.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini Agar Tugas-Tugas Kamu Cepat Selesai

Manfaatkan Waktu Luag
Ini adalah kesalahan yang sering terjadi, banyak orang yang menyia-nyiakan waktu luang yang dimilkinya. Pliiiss jangan sia-siakan waktu luangmu, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga untuk disia-siakan. Belum tentu kamu masih punya waktu hidup besok, iya kan? So kamu harus lebih bijak memanfaatkannya.

Jika kamu seorang pelajar maka manfaatkanlah waktumu untuk menjalankan kewajiban kamu sebagai pelajar. Bolehlah waktu luangmu dimanfaatkan untuk nyicil tugas-tugas sekolah, baca buku-buku yang bermanfaat dan yang lainnya.

Konsisten
Ini adalah yang paling kunci, menurut beberapa orang katanya memulai itu sangat sulit. Akan tetapi saya sedikit berbeda, menurut saya memulai itu adalah hal gampang, hal yang sulit itu adalah istiqomah atau konsisten.

Satu atau dua minggu pertama mungkin kamu masih bersemangat untuk belajar dan konsisten, tapi setelah lebih dari tiga minggu kamu akan merasakan jenuh dan bosan. Nah rasa jenuh inilah yang harus kamu lawan. Ingat, tidak jalan pintas untuk menuju sebuah perubahan. Kamu perlu kerja keras dan kerja cerdas jika kamu ingin merubah hidup kamu ke arah yang lebih baik.

Oke itulah postingan untuk minggu ini, semoga bermanfaat bagi yang membaca. Saya sharing seperti ini bukan berarti saya adalah orang yang paling bisa. Tidak ya, Saya juga masih sama seperti kamu, sedang belajar. Maka dari itu, yuk kita sama-sama perbaiki diri kita masing-masing agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Seperti biasa, jika tulisan ini sangat berguna jangan lupa untuk di share di semua media sosial kamu ya, agar lebih banyak teman-teman kamu yang dapat merubah pribadinya menjadi lebih baik.
Salam Semangat ! ! !

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23 − = 22

error: Jangan di Copy yaaa!!! :)